DKP3 Kota Sukabumi Gandeng PMI Sukseskan Hari Rabies Sedunia

Dinar Muhammad J

Dinar Muhammad J

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT- Tanggal 28 September diperingati sebagai Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day. Peringatan kesehatan secara global dimulai pada tahun 2007 untuk meningkatkan kesadaran tentang rabies dan bersatu untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian di seluruh dunia. Hari Rabies Sedunia diperingati di banyak negara termasuk di Indonesia. Rabies adalah penyakit yang 100% dapat dicegah. Namun, lebih dari 59.000 orang meninggal karena penyakit ini di seluruh dunia setiap tahun. Hari Rabies Sedunia adalah kesempatan untuk merenungkan upaya kita untuk mengendalikan penyakit mematikan ini dan mengingatkan diri kita sendiri bahwa perjuangan belum berakhir.

Di Kota Sukabumi, dalam rangka Memperingati Hari Rabies Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 September, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Wilayah VI  Jawa Barat serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi melaksanakan vaksinasi rabies serta donor darah yang dilaksanakan pada hari Kamis,  30 September 2021, bertempat di Pusat Kesehatan Hewan DKP3 Kota Sukabumi.

Kepala DKP3 Kota Sukabumi, Andri Setiawan, mengatakan kegiatan ini disambut antusiasme warga karena dari kuota vaksinasi rabies sebanyak 100 ekor hewan, kenyataannya hampir 200 ekor hewan yang mendapatkan vaksinasi rabies. Selain itu, pada kegiatan ini diberikan pula vitamin gratis bagi hewan.

Pada kegiatan yang sama dilakukan pula donor darah yang diikuti oleh para pegawai DKP3 dan peserta kegiatan. Kepala DKP3 Kota Sukabumi  menyatakan kegiatan ini dalam rangka mendukung target Indonesia bebas rabies pada tahun 2030 serta Jawa Barat dan Kota Sukabumi bebas penyakit rabies pada tahun 2028.

 

                           

35

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI DAN ICRC PERKUAT KERJA SAMA KEMANUSIAAN

JAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Komite Internasional Palang Merah atau ICRC berkomitmen untuk memperkuat...

PMI DAN KOICA AJARKAN ANAK KESIAPSIAGAAN BENCANA

PEKALONGAN - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Cooperation Agency (KOICA) menggandeng 150...

Respon Erupsi Semeru, PMI Kabupaten Blitar Kirim Relawan

Blitar - PMI Kabupaten Blitar menerjunkan personel dan bantuan ke lokasi terdampak erupsi Gunung...