logo2021

PMI KOTA TANGERANG GEMBLENG RATUSAN CALON RELAWAN

Ade Kurniawan

Ade Kurniawan

Menjadi relawan Palang Merah Indonesia tidak hanya membutuhkan ketulusan serta keahlian, pengatahuan terkait kepalangmerahan pun perlu dimiliki relawan. Pendalaman wawasan kepalangmerahan ini dijalani para calon relawan PMI Kota Tangerang secara virtual saat pandemi. Diseminasi kepalangmerahan ini diikuti ratusan relawan baru pada Minggu (29/11/2020).

Setelah melewati tahap pendaftaran, 250 calon relawan memulai rangkaian pelatihan dasar kepalangmerahan. Mereka mengikuti tahap pengenalan atau diseminasi kepalangmerahan secara virtual. Ketua PMI Kota Tangerang Oman Djumansyah mengatakan, tahapan ini bertujuan mengenalkan fungsi dan tujuan gerakan kepalangmerahan.

Selain itu, tahapan yang diikuti baik oleh calon anggota Korps Sukarelawan (Ksr) maupun Tenaga Sukarelawan (Tsr) PMI ini juga bertujuan memberikan pemahaman terkait pedoman dalam bertugas bagi relawan.

“Ini masih tahapan awal, selanjutnya nanti akan ada wawancara, kemudian pembekalan keahlian. Walaupun secara virtual, tidak mengurangi esensinya,” jelasnya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) PMI Kota Tangerang Hasbullah menambahkan, sedikitnya ada empat pembekalan keahlian dasar bagi calon relawan yang bersedia melanjutkan tahapan. Keahlian tersebut yakni pertolongan pertama, perawatan keluarga, penyelamatan di air dan pembuatan tenda darurat, serta dapur umum. Kecakapan dasar itu, kata Hasbullah, diperlukan relawan dalam merespons bencana atau keadaan darurat.

“Nanti akan ada instruktur PMI yang akan membekali calon relawan selama pelatihan,” imbuh Hasbullah.

Berdasarkan jadwal, sejumlah tahapan tersebut akan menghabiskan wakut 3 bulan. Mereka yang terseleksi, kata Hasbullah, akan dilibatkan dalam operasi-operasi kemanusiaan di Kota Tangerang maupun luar Kota Tangerang.

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3