WARGA RW 01 KELURAHAN CIMONE GELAR DONOR DARAH

Ade Kurniawan

Ade Kurniawan

Mewabahnya COVID-19 di Kota Tengerang, Banten tidak menyurutkan warga Kelurahan Cimone untuk tetap saling membantu dengan cara mendonorkan darahnya bersama Palang Merah Indonesia (PMI) setempat untuk memenuhi persediaan darah yang semakin menipis.

“Donor darah yang dilaksanakan warga RW 01 Kelurahan Cimone, Kecamatan Karawaci tentunya sudah memenuhi standar protokol pencegahan COVID-19 maksimal, sehingga dipastikan aman tanpa harus khawatir terjadi penyebaran virus tersebut,” kata Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan.

Menurutnya, selama aksi donor darah pihaknya tetap melaksanakan protokol pencegahan COVID-19 yakni baik pendonor maupun petugas unit donor darah menggunakan alat pelindung diri (APD), menjaga jarak dan lainnya.

Adanya kegiatan donor darah sukarela yang dilakukan warga ini tentunya membantu dan menjaga ketersediaan darah di masa seperti sekarang ini. Apalagi sejak awal kasus COVID-19 ditemukan di Indonesia dan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) persediaan darah terus berkurang karena minimnya pendonor.

Maka dari itu, aksi yang dilakukan warga RW 01 Cimone ini harus dicontoh dan COVID-19 bukan menjadi penghalang untuk tetap saling membantu, karena setiap pendonor dijamin kesehatannya sebab sebelum dilakukan pengambilan darah diperiksa dahulu kondisi tubuh calon pendonor.

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darah bisa langsung datang ke markas PMI Kota Tangerang atau bisa menghubungi petugas unit donor darah agar bisa melakukan donor di rumah sekitar lingkungan tempat tinggalnya,” tambahnya.

Sementara, Ketua RW 01 Kelurahan Cimone Syahbudinal mengatakan aksi sosial warganya sebagai wujud kemanusiaan khususnya bagi pasien yang membutuhkan darah. Apalagi masyarakat mendapatkan informasi persediaan darah di PMI semakin menipis lantaran banyak permintaan.

“Warga di sini antusias untuk ikut mendonorkan darahnya, apalagi sekarang sedang libur panjang jadi masyarakat mengisi waktu luangnya dengan melakukan donor darah, sebab satu kantong darah kita bisa menyelamatkan nyawa orang lain,” katanya.

50

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PRODUK INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) SUNGAI BAKAR JADI OLEH-OLEH KHAS AIR TERJUN BAJUIN, MELALUI PROGRAM LIMITLESS PMI TANAH LAUT

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Program Limitless Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Laut...

IKIP PGRI Bojonegoro Rekrut Relawan PMI

[caption id="attachment_35757" align="aligncenter" width="1024"] Pembukaan Pelatihan Dasar KSR PMI Unit IKIP PGRI Bojonegoro[/caption] Senin,...

PMI KECAMATAN AMBULU AKTIF GELAR DONOR DARAH

JEMBER – Kapolsek Ambulu AKP Ma’ruf dan Komandan Koramil Ambulu Kapten Arm Anton Hermawa...