Relawan SIBAT PMI Kota Sukabumi Dilatih Pemulasaraan Jenazah Covid-19

Dinar Muhammad J

Dinar Muhammad J

SUKABUMI, JAWA BARAT.- Sejumlah Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI yang tersebar di seluruh wilayah Kecamatan di Kota Sukabumi dilatih bagaimana proses pemulasarahaan jenazah untuk Covid-19. Hal tersebut untuk memberikan pemahaman terkait bagaimana standar operasional prosedur untuk pengurusan jenazah sesuai dengan protokol kesehatan.

“Kegiatan ini dimaksudkan guna mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlatih untuk penanganan jenazah infeksius,” ujar Ketua PMI Kota Sukabumi, drh. Suranto Sumowiryo, Kamis (29/7/2021)

Dalam kegiatan tersebut diikuti sejumlah relawan SIBAT yang tersebar di beberapa kecamatan di wilayah Kota sukabumi yang siap ditugaskan dan aktif dalam berbagai kegiatan penanggulangan Covid-19 saat ini.

Suranto menjelaskan, tidak hanya anggota SIBAT dalam kegiatan ini juga diikuti oleh pengurus dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) di setiap kecamatan di wilayah Kota Sukabumi. “Kegiatan ini diselenggarakan oleh pemerintah Kota Sukabumi melalui bidang pemerintah Sekretariat Daerah (Setda) Kota Sukabumi dan Dinas Kesehatan Kota Sukabumi,” terangnya.

Suranto menjelaskan, dalam praktiknya, relawan PMI dibekali keilmuan cara penanganan jenazah hingga siap dimakamkan. Di antaranya penanganan awal dengan penyemprotan disinfektan sebelum diambil tindakan, pembungkusan jenazah dengan plastik, proses pengkafanan, menyucikan dengan proses tayamum dan diakhiri dengan pembungkusan jenazah dengan plastik dan kain kafan.

Selain itu, petugas juga selalu mengingatkan agar relawan yang nantinya terjun ke lapangan tidak melupakan alat pelindung diri yang harus digunakan lengkap dari kepala hingga kaki.***

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp