LAYANAN TELEPON UNTUK MIGRAN MYANMAR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Migran asal Bangladesh dan Myanmar mendapatkan layanan Restoring Family Links (RFL) dari Palang Merah Indonesia (PMI). Pelayanan RFL merupakan program khusus yang melayani pemulihan hubungan keluarga yang terpisah akibat peristiwa bencana alam maupun konflik.

Sebanyak 1.824 jiwa warga Banglades dan Myanmar masih mengungsi di 6 titik pengungsian yaitu Kec. Lhoksukon, Kab. Aceh Utara, Kota Langsa, Aceh Timur, Lhokseumawe, Aceh Tamiang, Provinsi Aceh dan Medan dan Provinsi Sumatera Utara.


Selasa (26/5), tim peninjau dari pusat yang terdiri dari PMI Pusat dan ICRC melakukan peninjauan dan koordinasi dalam penyelenggaraan program RFL ini. Adapun lokasi yang ditinjau yaitu TPI Kuala Cangkoi. Dalam peninjauan tersebut disepakati bahwa penerima bantuan adalah kelompok anak-anak yang terpisah dari keluarganya.

“PMI dan ICRC memberikan layanan telepon kepada migran Myanmar, Kemarin (27/5). Sebelumnya kegiatan RFL juga telah diberikan kepada migran Bangladesh pada Selasa (19/5) yakni mengisi form “Saya Selamat”.” Jelas Ahmad Yani, Humas PMI Kab Aceh Utara.

Hingga kemarin sore, sudah berhasil dihubungi sebanyak 11 komunikasi telefon. Beberapa nomor telefon tidak dapat dihubungi karena akses jaringan komunikasi ke Rakhine atau Myanmar sangat terbatas. Selain RFL, PMI juga memberikan pelayanan dan promosi kesehatan seta dapur umum bekerjasama dengan instansi lain.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Andreane Tampubolon, Kasubdiv Pemulihan Hubungan Keluarga, Email : andreane_tampubolon@pmi.or.id atau Ahmad Yani, Humas PMI Kabupaten Aceh Utara, Hp: 081269111655, Email: yani.pmi@gmail.com