logo2021

NYANYIAN MUSIM HUJAN, SEBUAH FILM EDUKASI MASYARAKAT UNTUK KESIAPSIAGAAN BANJIR DAN LONGSOR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama dengan Pemerintah Australia (DFAT),  Palang Merah Indonesia (PMI) dan Palang Merah Australia menyelenggarakan pemutaran film perdana bertemakan bencana berjudul “Nyanyian Musim Hujan” pada Kamis, 29 Januari 2015 di Gedung Perfilman Usmar Ismail (PPHUI) Jakarta. Film TV ini diproduksi oleh Miles Films dengan Sutradara Riri Riza dan Produser Mira Lesmana dengan mengangkat pesan mengenai kesiapsiagaan masyarakat di tengah bencana banjir dan longsor. Film ini dibuat untuk mengedukasi masyarakat mengenai kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana banjir dan longsor melalui tayangan berbentuk film.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bahwa film seperti ini dapat menjadi media yang strategis dalam mengedukasi masyarakat secara luas, khususnya mereka yang terpapar ancaman bahaya banjir dan tanah longsor. Film ini merupakan film kedua yang digagas BNPB, PMI, dan DFAT setelah film pertama yang bertema gempa bumi dan tsunami dengan judul “Pesan dari Samudera” (2012).


“Setiap permasalahan bencana, selalu ada pembelajaran untuk terus memperbaiki kesiapsiagaan masyarakat. Potensi bencana selalu dapat diminimalisir risikonya. Jika kita sudah ketahui bahayanya maka sudah seharusnya kita dapat mengurangi risikonya.” Jelas Sutopo.

Melalui film ini, permasalahan sosial masyarakat ditengah bencana dapat menjadi edukasi dan pengetahuan bagi pemirsa, bahwa kehidupan sosial masyarakat diwilayah terdampak dapat mempersiapkan diri mereka dan anggota keluarganya menghadapi bencana.

“Indonesia adalah negara yang rawan bencana. Salah satunya adalah banjir yang sering melanda wilayah tempat kita tinggal. Untuk itu penting bagi masyarakat yang sering terdampak banjir untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan ketahanan terhadap banjir. Edukasi mengenai kesiapsiagaan banjir ini salah satunya dapat diperoleh melalui penayangan film yang tidak hanya bersifat edukatif, tetapi juga menghibur,” jelas Sekretaris Jenderal PMI dr. Ritola Tasmaya, MPH

Film Televisi (FTV) Nyanyian Musim Hujan berdurasi 65 menit ini berlatar belakang drama keluarga yang dibalut dengan konflik masyarakat yang terjadi di tengah bencana banjir dan Longsor. Film ini juga menceritakan masyarakat yang terkena dampak banjir harus dapat siap dan siaga serta memiliki cara serta pola bagaimana menghadapi banjir.

“Dalam film ini kita bisa melihat bagaimana masyarakat bisa sama-sama saling memberdayakan diri mereka untuk menghadapi bencana. Baik saat situasi siaga, waspada, dan saat terjadi evakuasi,” jelas Sutradara Riri Riza.

Film dibintangi oleh Irgi Fahrezi yang berperan sebagai Wahyu, karyawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Adinia Wirasty, berperan sebagai Dira, isteri Wahyu, dan artis Kawai Labiba yang berperan sebagai Amarasi, putri pasangan Wahyu dan Dira. Dalam film ini juga dikisahkan bagaimana Sri (diperankan oleh Ayushita Nugraha), istri dari Fauzi (diperankan Muhandkly Achok), yang dalam kondisi hamil terjebak dalam situasi banjir Jakarta.

FTV “Nyanyian Musim Hujan” merupakan film kedua dengan pesan kesiapsiagaan bencana yang dibuat atas kerjasama Pemerintah Australia (DFAT) dengan BNPB dan Palang Merah Australia (ARC) serta Palang Merah Indonesia (PMI), setelah sebelumnya memproduksi film bertema gempa dan tsunami yang berjudul “Pesan dari Samudra” pada tahun 2012. Film ‘Nyanyian Musim Hujan’ dapat disaksikan melalui saluran stasiun televisi SCTV pada hari Senin, tanggal 2 Februari 2015 pukul 22.30.

Film ini adalah film pengetahuan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana yang memberikan informasi kepada publik tentang bagaimana melakukan tindakan aman pada saat bencana. Film ini juga mempertontonkan peran penting  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Palang Merah Indonesia (PMI), Lembaga non Pemerintah (LSM) dan komunitas yang bertindak dalam upaya pengurangan risiko bencana banjir dan tanah longsor.

Informasi lengkap mengenai film ini dapat dilihat melalui laman http://pmi.or.id/nyanyianmusimhujan

Untuk informasi lebih lanjut:Aulia Arriani, Kepala Biro Humas Markas Pusat PMI, Tlp. 021-799 2325, ext. 301 atau Hp. 0816 795 379 ATAU Arifin Fitrianto, Information Media and Reporting Manager, Tlp. 021-727 93440, atau Hp. 0815 6892 945. Kontak Media: Anggun Permana Sidiq, Kepala Hubungan Media Markas Pusat PMI, Hp. 0856 97777 313.

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3