PMI JAKARTA BARAT TINGKATKAN KAPASITAS RELAWAN KEGAWATDARURATAN DI RUMAH

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Palang merah Indonesia (PMI) menyelenggarakan pelatihan kegawatdaruratan di rumah bagi relawan PMI di Hotel New Ayuda II, Cipayung, Kabupaten Bogor. Sebanyak 25 relawan PMI Kota Jakarta Barat mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak Selasa (25/11) hingga Sabtu (29/11).

“Tujuan pelatihan ini untuk menambah kapasitas relawan PMI khususnya di wilayah Jakarta Barat. Selain itu dengan pelatihan ini saya harap para relawan dapat mengaplikasikan ilmu di keluarga dan masyarakat sekitar sehari-hari” Jelas H.Firdaus Mansur, MSi, Ketua PMI Kota Jakarta Barat.

Ia menambahkan relawan yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari anggota Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Markas Kota Jakarta Barat, KSR PMI Unit Universitas Esa Unggul, KSR PMI Unit Bina Sarana Informatika Cengkareng, dan Anggota Karang Taruna Disaster Kecamatan Tambora.

Sementara itu Fasilitator kegawatdaruratan di rumah, Lamudin, mengatakan dalam proses pelatihan ini, ia dan Komalasari  menggunakan metode bermain peran, teori, dan praktik.

“Kami lebih menekankan pada praktik agar peserta lebih mudah memahami ilmu yang diberikan” Tambah Fasilitator kegawatdaruratan di rumah tingkat nasional.

Dalam pelatihan ini para peserta mendapatkan teori dan praktik kegawatdaruratan di rumah seperti dasar-dasar perawatan keluarga, perawatan orang sakit, perawatan Odha, perawatan lansia, perawatan ibu hamil dan nifas, perawatan balita dan perawatan bayi.

Perawatan yang diberikan berupa mengganti bahan tenun tanpa pasien atau dengan pasien, memberi makan dan obat pasien (mampu makan sendiri dan tidak bisa makan sendiri), menyeka pasien, memobilisasi pasien dari tempat tidur dan menuju tempat tidur, mengukur suhu, nadi dan nafas pasien, memotong kuku tangan dan kaki, mencuci rambut pasien, membantu BAK dan BAB pasien di tempat tidur, menyikat gigi, dan mengompres pasien. Kegawatdaruratan di rumah atau Perawatan keluarga adalah perawatan yang dilakukan oleh anggota keluarga dengan menggunakan alat-alat yang ada di lingkungan keluarga dan sederhana.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : PMI Jakarta Barat, Tlp: 021-5606378 atau Satria Loka, KSR PMI Jakbar, email : satrialokawidjaya@gmail.com

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI CILEGON IKUTI SIMULASI KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT 2022

CILEGON,- Kota Cilegon merupakan daerah dengan potensi bencana tertinggi di Indonesia, selain bencana alam...

𝐏𝐌𝐈 𝐒𝐚𝐥𝐮𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐧𝐭𝐮𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐏𝐞𝐧𝐲𝐢𝐧𝐭𝐚𝐬 𝐆𝐞𝐦𝐩𝐚 𝐂𝐢𝐚𝐧𝐣𝐮𝐫 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢 𝐫𝐚𝐰𝐚𝐭 𝐝𝐢 𝐑𝐒𝐔𝐃. 𝐑 𝐒𝐲𝐚𝐦𝐬𝐮𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐇

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menyalurkan bantuan kepada...

RESPON GEMPA CIANJUR ; KSR PMI ITS MANDALA JEMBER GALANG DANA UNTUK KORBAN CIANJUR

JEMBER -  Sejumlah aktivis kemanusiaan yang terhimpun dalam Korps Sukarela (KSR) Institute Teknologi dan...