PMI KEBUMEN GENCARKAN SOSIALISASI BULAN DANA

Eko Purwanto

Eko Purwanto

KEBUMEN, JAWA TENGAH – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen saat ini sedang melaksanakan Bulan Dana PMI dan gencar mensosialisasikan pengumpulan sumbangan Bulan Dana PMI di kecamatan-kecamatan.

Seperti yang dilaksanakan pada hari Selasa, 28 September 2021 dimana PMI Kabupaten Kebumen diundang oleh Camat Alian untuk mensosialisasikan PMI pada acara konferensi Kepala Desa Se-Kecamatan Alian. Sosialisasi dipimpin langsung oleh Camat Alian dan Ketua PMI Kecamatan Alian dengan narasumber Ketua Kabupaten Kebumen Sabar Irianto didampingi Kepala Markas PMI Kebumen.

“Sumbangan ini sifatnya sukarela,” kata Kinanto, saat menyampaikan sambutan pembukaan sosialisasi di Pendopo Kecamatan Alian

Pengumpulan sumbangan itu, lanjut Kinanto, sasarannya adalah warga desa dan setiap desa hanya diberikan target 300 kupon dengan nilai tiap kupon adalah Rp 2.000. Namun, bila pihak desa dan kecamatan akan menambah jumlah kupon dipersilakan koordinasi ke Panitia di Markas PMI Kebumen dan apabila ada warga yang tidak mampu, disarankan supaya tidak diminta sumbangan.

Pihaknya juga selalu mendoakan agar masyarakat di Kecamatan Alian menjadi masyarakat yang mampu, sehingga bisa berbagi kepada sesama. Adapun teknis pengumpulan sumbangannya, dikoordinir oleh Sekretaris camat selaku Ketua PMI Kecamatan, dari kecamatan akan membagi bundel kupon diakhir acara sosialisasi dan selanjutnya kepala desa melalui perangkat desa akan mendistribusikan kepada warga.

“Ketua PMI Kecamatan mendistribusikan kepada Kepala desa dan kepala desa menyalurkan kupon bulan dana PMI kepada warga. Sumbangan ini memang dari masyarakat dan akan dikembalikan lagi kepada masyarakat,” kata Kinanto.

Ketua PMI Kabupaten Kebumen Sabar Irianto menyebut, Bulan Dana PMI kali ini, bahwa sesuai arahan dari Ketua Panitia Bulan Dana yang pada tahun ini diketuai oleh Bupati Kebumen ditargetkan terkumpul sebanyak Rp 2,34 miliar. Dana tersebut nantinya akan dimanfaatkan untuk membiayai sejumlah kegiatan kemanusiaan, sosial, dan penanganan bencana.

PMI Kabupaten Kebumen juga memberikan layanan ambulans gratis bagi warga juga untuk memberikan pelayanan pertolongan pertama, pembinaan generasi muda melalui kegiatan relawan PMI (PMR, KSR, TSR, SIBAT, DDS), pelayanan donor darah, serta kegiatan lainnya yang berhubungan dengan kemanusiaan.

Pengumpulan sumbangan yang dari desa nantinya 80% akan dikembalikan ke PMI kecamatan untuk pembiayaan PMI di kecamatan, termasuk untuk dana darurat di kecamatan, tambah Sabar

“Ini lah yang dinamakan dari masyarakat untuk masyarakat,” kata Sabar.

Kepala Markas PMI Kabupaten Kebumen Eko Purwanto membenarkan jika sumbangan dari masyarakat itu, nantinya akan dikembalikan lagi untuk masyarakat. Seperti untuk bantuan air bersih, bencana alam, dan pertolongan pertama.

Tidak hanya itu, selama pandemi Covid-19, pihaknya juga kerap melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas umum, pelayanan publik, instansi, sekolah dan tempat ibadah dan juga pelayanan ambulans transportasi untuk pasien covid serta pelayanan pemulasaraan dan pemakaman jenazah covid-19.

“Semua kegiatan itu dibiayai dari hasil sumbangan masyarakat melalui Bulan Dana PMI ,” kata Eko.

Eko menjelaskan, pengumpulan sumbangan Bulan Dana PMI 2021 ini merupakan bagian dari amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan dan Surat Keputusan (SK) Bupati Kebumen Nomor 468/276 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bulan Dana Palang Merah Indonesia Kabupaten Kebumen Tahun 2021.

“Penggalangan dana ini bukan pungutan liar. Ini sah secara undang-undang dan tidak melanggar hukum serta sebagai pertanggungjawaban kami kepada masyarakat. Untuk laporan keuangannya juga selalu diaudit oleh akuntan publik,” imbuhnya.

151

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...