logo2021

PMI KOTA BANDA ACEH GELAR PELATIHAN JURNALISTIK

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh mengelar pelatihan Jurnalistik untuk relawan di Aula Unit Donor Darah, Kamis (26/03). Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 26-28 Maret  2015 ini, diikuti oleh 23 peserta yang berasal dari KSR se – Banda Aceh, Forpis, UDD dan Tim Ambulans. Bertemakan “Mengembangkan Potensi dalam Bidang Kejurnalistikan dengan Progresif dan Kreatif ”, diharapkan para peserta dapat lebih memahami pentingnya jurnalistik dan budaya menulis.

Ketua PMI Kota Banda Aceh, Bapak Qamaruzzaman Hagny dalam sambutannya berpesan agar seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan jurnalistik dengan serius. Hal ini dikarenakan ilmu yang didapatkan di pelatihan tidak didapatkan di bangku sekolah. Sambutan tersebut juga menandakan dimulainya pelatihan jurnalistik ini.


Kegiatan dibuka oleh Ali, Tenaga Sukukarela PMI Kota Banda Aceh, dengan memberikan pre-test mengenai materi Kepalangmerahan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui tingkat kepahaman peserta mengenai Kepalangmerahan. Selain itu, Ali juga memberikan edukasi tentang penggunaan lambang dan materi Kepalangmerahan.

Materi selanjutnya adalah materi Jurnalistik yang disampaikan oleh 3 jurnalis yakni ; Munawardi dari Wartawan Waspada yang juga TSR PMI Banda Aceh, Saniah dari Forum Jurnalis Perempuan dan Adrian Mufti Jurnalis Fotografer.  Mereka menyampaikan meteri mengenai kode etik jurnalis, pentingnya seorang relawan memiliki skill menulis dan cara menulis hard news dan soft news.

“Seorang wartawan itu harus independen dan memberikan informasi secara berimbang. Hal tersebut merupakan salah satu kode etik jurnalis.” Jelas Munawardi.

Beliau menambahkan, Media mempunyai ada 5 (lima) fungsi yang sangat penting diantaranya fungsi koreksi, informasi, hiburan, pendidikkan dan Mediasi. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti pelatihan jurnalis ini.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Masykur, Staff kehumasan PMI Kota Banda Aceh, Tlp. 0852 6015 0020, email : pmibandaaceh@gmail.com

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3