logo2021

PMI KLATEN DI GEMBLENG SATGANA DI DODIKLAPUR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Bencana alam sering terjadi dimana saja dan kapan saja bisa terjadi. Oleh karena itu diperlukan suatu Tim Satuan Penanganan Bencana (SATGANA) PMI yang merupakan wadah pelayanan tanggap darurat bencana PMI. Tim Satgana PMI Kabupaten Klaten merupakan Tim Satgana Ad HOC sebagai pendukung penanganan bencana yang dilaksanakan oleh PMI oleh Karena itu pelatihan manajemen Tanggap darurat bencana sangat dibutuhkan  dalam mencetak tim yang handal di lapangan.

Untuk mengoptimalkan terhadap penanggan bencana maka PMI Kabupaten Klaten mengadakan Pelatihan Satgana Utama pada tanggal 17-20  Maret lalu yang bertempat di Dokdiklatpur  Ridam Diponegoro  Wedi dengan jumlah peserta 40 orang.


Tujuan dari pelatihan ini adalah membentuk karakter anggota yang tanggap,sigap,terampil dan profesional dalam tanggap bencana untuk melaksanakan darurat bencana secaar cepat,tepat dan terkoordinasi sesuai dengan kebijakan PMI, Memiliki anggota Satgana Ad Hoc yang dapat dimobilisasi saat tanggap darurat bencana.

Materi Pelatihan  Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Hukun Perikemanuisan, Kesemataan, Kedisipilan, survival, Kode Perilaku, Akses yang lebih aman,Evaluasi Traning, Posko Tanggap Darurat Bencana, Relief Distribusi,Manejemen Transportasi dan Simulasi Operasi Tanggap Darurat Bencana.

Dalam Sambutannya Komandan dodiklatpur Letkol Inf Efdal Nazra, S.IP dalam amanatnya agar para peserta dapat meningkatkan pengetahuan,sikap dan keterampilan   dalam manajemen darurat bencana yang sewaktu-waktu yang bisa terjadi.

Adapun yang diharapkan dari pelatihan ini adalah PMI kabupaten Klaten memilki Tim Satgana Utama Add Hoc dengan ketrampilan manajemen pelayanan dan dimobilisasi untuk tanggap darurat bencana, pelayanan tanggap darurat bencana PMI dapat berjalan secara cepat,tepat dan terkoordinasi dan peserta memilki sikap disiplin,tegas,tanggap dan trampil dalam hal  pemahaman tetang tujuh prinsip gerakan palang merah, memahami visi dan misi , mampu memahami dan menerapkan code of conduct serta safer access (keselamatan/keamanan)

Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi: PMI Kabupaten Klaten, Tlp : 0272 – 321306, Email : pmiklaten@yahoo.com, atau M. Nashir Jamaludin,  PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455, Email : nashrjateng@gmail.com

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3