BABINKUM TNI, PMI & ICRC GELAR SEMINAR STANDAR INTERNASIONAL PENEGAKKAN HUKUM

Arifin Muh. Hadi

Arifin Muh. Hadi

Jayapura, Papua,- Badan Pembinaan Hukum Tentara Nasional Indonesia (Babinkum TNI), Palang Merah Indonesia (PMI) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC) menggelar seminar, membahas isu yang berkaitan dengan norma-norma dan standar-standar internasional untuk pelaksanaan penegakan hukum. Acara tersebut digelar selama 2 (dua) hari (24-25/11/2021) di Jayapura, Papua.

Mayjen TNI W. Indrajit, SH, MH, Kepala Babinkum TNI, selaku keynote speaker menyampaikan, TNI memiliki komitmen agar seluruh anggota dan kesatuan di lingkungan TNI harus menaati dan menghormati Hukum Humaniter Internasional (HHI) dan Hukum Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional. “Kehadiran saya di sini harus dipahami dalam konteks ini,” tandasnya.

Kepala Delegasi Regional ICRC untuk Indonesia dan Timor-Leste, Alexandre Faite, saat membuka seminar menjelaskan, ICRC telah berdiskusi dengan banyak angkatan bersenjata di seluruh dunia dan berharap dapat melanjutkan kerjasama dengan TNI termasuk di Provinsi Papua.

Dalam seminar tersebut, Pengurus PMI Pusat, Letjen (Purn) Sumarsono, memperkenalkan kegiatan-kegiatan PMI di Papua bekerjasama dengan ICRC mengembangkan layanan pertolongan pertama dan ambulans. Selain itu, program bersama PMI dan ICRC yang disebut ‘Nilai Kemanusiaan’ yang menekankan konvergensi antara kearifan lokal dan prinsip-prinsip kemanusiaan internasional, juga dipresentasikan dalam seminar tersebut.

“PMI akan merevitalisasi dan memperkuat pembelajaran nilai-nilai kemanusiaan melalui berbagai jalur, baik internal maupun eksternal PMI, serta berbasis kearifan dan nilai-nilai lokal,” kata Sumarsono.

Seminar tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari kerjasama berkelanjutan antara ICRC dan Babinkum TNI dalam melakukan sosialisasi HHI dan kerangka-kerangka hukum internasional lainnya bagi anggota TNI yang telah berlangsung selama 21 tahun.***

 

102

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI DAN ICRC PERKUAT KERJA SAMA KEMANUSIAAN

JAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Komite Internasional Palang Merah atau ICRC berkomitmen untuk memperkuat...

PMI DAN KOICA AJARKAN ANAK KESIAPSIAGAAN BENCANA

PEKALONGAN - Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Korean International Cooperation Agency (KOICA) menggandeng 150...

Respon Erupsi Semeru, PMI Kabupaten Blitar Kirim Relawan

Blitar - PMI Kabupaten Blitar menerjunkan personel dan bantuan ke lokasi terdampak erupsi Gunung...