Longsor Kembali Terjadi di Sukabumi, Tiga Warga Tewas Tertimbun, Ini Respon PMI kabupaten Sukabumi

Aril Solehudin

Aril Solehudin

KABUPATEN SUKABUMI- Bencana Longsor kembali terjadi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Tiga warga di Kampung Cileutik, Desa Pasir Datar ditemukan tim SAR tewas akibat tertimbun longsor, Senin malam (24/10/2022).

Bencana ini terjadi setelah satu hari lalu longsor terjadi di wilayah Desa Kadudampit dengan menelan satu korban tewas dan satu lagi luka parah.

Longsor yang diawali dengan hujan deras dan banjir ini terjadi Senin (24/10/2022) kemarin sekitar pukul 16.00. Longsoran yang bercampur dengan air dan lumpur turun menerjang jalanan dan kawasan perkampungan.

Longsoran dan banjir ini langsung menerjang sejumlah rumah, paling parah longsoran menerjang rumah milik Maman (55).
Cepatnya proses longsor membuat penghuni rumah yaitu Maman, dan istrinya Mumu (50) serta seorang cucu bernama Bayu (10) tertimbun longsoran.

Humas PMI Kabupaten Sukabumi Aril Sholehudi menyatakan dari proses evakuasi ini ketiga warga akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas. Jasad Maman ditemukan paling awal, sepuluh menit kemudian jasad sang cucu juga ditemukan, sementara Mumu ditemukan paling akhir.

Aril mengungkapkan evakuasi terhadap para korban sempat terkendala karena minimnys peralatan. Petugas gabungan pun terpaksa melakukan evakuasi dengan peralatan seadanya dengan lampu penerangan seadanya.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari relawan PMI, BPBD serta TNI Polri langsung diterjunkan ke lokasi untuk melakukan evakuasi malam tadi. Pagi ini tim SAR akan melakukan penanganan lokasi longsor untuk mengantisipasi longsor susulan

“Kami sempat mengalami hambatan karena evakuasi secara manual dengan peralatan seadanya,” ungkap Aril

Selain itu evakuasi juga sempat terkendala karena tebalnya materi longsoran yang menutup rumah korban. Dari hasil pantauan aral longsor berada di tebingan diatas perkampungan, tebing setinggi 7 meter dengan panjang 50 meter ambrol menimpa rumah korban.

“Evakuasi korban terakhir paling riskan karena khawatir akan terjadi logsor susulan sehingga tim sar harus berhati hati,” lanjutnya.

Tiga korban meninggal ini menjadi tambah panjang deretan musibah bencana hidrometeorogi di wilayah Kabupaten Sukabumi. Pihak petugas BPBD Kabupaten Sukabumi dan PMI meminta agar warga waspada, curah hujan yang cukup tinggi membuat bahaya longsor mengincar terutama di kawasan perbukitan.

“Ketiga korban bencana longsor itu, jenazahnya kini sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi Cibadak untuk dilakukan autopsi,” imbuhnya.

Meski ketiga korban bencana longsor itu, sudah berhasil ditemukan. Namun, petugas gabungan saat ini masih menungggu laporan, karena dikhawatirkan saat kejadian ada warga yang melintas. Namun, demikian pihaknya mengaku sudah mencari informasi dari beberapa warga, termasuk ada satu warga yang diatas melihat tanah itu longsor dan warga tersebut memastikan tidak ada orang lain yang melewat jalan itu saat terjadi longsoran.

Diketahui, Tiga warga Kampung Cileutik, Pasir Datar Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi dikabarkan tertimbum longsor pada Senin (24/10/2022). Berdasarkan data yang dihimpun longsor tersebut sekira pukul 15:00 WIB.

                                                              

Bagikan:

BERITA LAINNYA