MASUK MUSIM HUJAN, WARGA DIMINTA WASPADA DBD

M. Alwan Rifai

M. Alwan Rifai

Banjarnegara (Jawa Tengah) – Tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, selain memberikan warning untuk siaga dan waspada juga menjadi signal untuk kesiapsigaan terhadap munculnya jentik nyamuk Aedes Aegypti yang dikhawatirkan bias muncul jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan.

Hal tersebut dikemukakan oleh Kades Sokaraja Jamhar saat memimpin apel Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) dan Satgas Juru Pemantau Jentik (Jumantik) sebelum melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk di wilayahnya. “mari bersama sama kita cegah dan lawan DBD dengan rutin mengedukasi kepada masyarakat agar melakukan PSN” ujarnya.

Pihanya berharap peran serta Tim Sibat Desa Sokaraja yang telah dilatih dengan berbagai skill, terlebih saat ini sedang berjalan Program dari PMI Pusat dan KOICA (Korea International Cooperation Agency) dapat memberikan sumbangsih nyata dalam berbagai hal nyata, memberikan contoh serta tak bosan mengedukasi warga tentang bahaya DBD, mengingat Sokaraja termasuk salah satu wilayah endemic DBD.

Penyadaran masyarakat sangat penting, dengan menggandeng berbagai unsur terkait seperti DKK, Puskesmas, Babinkamtibmas, Babinsa dan unsur lainya sehingga dapat berjalan seiring seirama.

Sementara itu Koordinator Kegiatan PSN Tim Sibat Desa Sokaraja Watiah mengatakan, pelibatan serta edukasi kepada masyarakat dalam kegiatan PSN dan upaya lain seperti promosi kesehatan terus dilakukan di seluruh Dusun. ”kami juga memasang spanduk bertemakan Waspada DBD di lokasi lokasi strategis, pemasangan kartu pantau jentik disetiap rumah, monitoring lokasi lokasi yang kerap terjadi genangan air serta siap memberikan pendampingan kepada warga jika mengalami keluhan” paparnya.

Kesadaran warga menjadi kunci utama dalam mengantisipasi terjadinya kasus DBD, untuk itu kegiatan partisipatif dan masuk dalam kelompok kelompok kecil masyarakat menjadi target utama melakukan promosi kesehatan yang diharapkan didukung penuh oleh Pemerintah Desa sebagai leading sektor kegiatan. **alw

41

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, PMI KABUPATEN DEMAK BAGI PAKET SEMBAKO

KABUPATEN DEMAK, JATENG,- Sebagai bentuk dukungan dan upaya untuk mencapai Indonesia ending AIDS 2030,...

Memperingati World Aids Day, Korps Sukarela PMI UIN SU Medan Gelar Donor Darah

01 Desember 2021 kemarin adalah hari peringatan AIDS Sedunia, yang dimana banyak LSM, Komunitas...

ADA BINGKISAN KHUSUS UNTUK PENDONOR DARAH

KALIMANTAN SELATAN, TANAH LAUT,- Dalam rangka hari jadi Kabupaten Tanah Laut Dinas Koperasi Perdagangan...