GELORA SIBAT JLADRI TANAM MANGROVE UNTUK KURANGI RISIKO

Eko Purwanto

Eko Purwanto

KEBUMEN, JAWA TENGAH, Palang Merah Indonesia Kabupaten Kebumen melalui Tim Sibat Desa Jladri melaksanakan penanaman mangrove disepanjang tepian Sungai Cincingguling Desa Jladri Kecamatan Buayan. Ini dilaksanakan dengan tujuan menahan laju erosi sungai yang membentang melewati desa.

Penanaman mangrove jenis Rhizophora dilaksanakan Hari Minggu, 19 September 2021 dengan melibatkan 20 personil Sibat didampingi Kepala Desa dan dibantu 5 perangkat desa dan 5 KSR PMI Kabupaten Kebumen. 300 bibit bakau ditanam tidak lebih dari 2 jam secara bersama.

Kepala Desa Jladri Marno, sebelum penanaman bakau menyampaikan kegiatan penanaman bakau merupakan bagian dari kegiatan upaya pengurangan risiko bencana utamanya tsunami, dimana Sungai Cincingguling membelah Desa  Jladri dari selatan ke utara dan berada di daerah muara sehingga merupakan jalan tol bila terjadi tsunami.

“Sungai merupakan jalan tol bila terjadi Tsunami sehingga sangat perlu dita kuatkan sabut hijau di tepian sungai untuk memperkuat vegetasi yang ada” kata Marno

Disamping itu, ini merupakan bagian dari kerja Tim Sibat Desa Jladri yang dibentuk PMI Kebumen pada awal Bulan Maret 2021, imbuhnya.

Pada hari yang sama Tim Sibat Desa Waluyorejo Kecamatan Puring juga melaksanakan kegiatan penanaman tambal sulam pohon kelapa di daerah Pantai Luangkandang Desa Waluyorejo Kecamatan Puring.

Dikatakan Taufik, Ketua Tim Sibat Desa Waluyorejo penanaman ini dimaksudkan guna menambah vegetasi pantai untuk mengurangi dampak abrasi yang akhir akhir ini melanda pantai di Desa Waluyorejo karena adanya gelombang tinggi.

75

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...