Hari Anak Nasional, PMI Kota Sukabumi Soroti Pentingnya Mitigasi Bencana Sejak Dini

Dinar Muhammad J

Dinar Muhammad J

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT- Berbagai cara dilakukan dalam rangka memperingati hari anak nasional tahun ini. Seperti yang dilakukan jajaran Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi dengan menggelar kegiatan edukasi dan simulasi siaga bencana kepada anak-anak berkebutuhan khusus, untuk siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Sukabumi di Kecamatan Baros.

“Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangkaian memperingati hari anak nasional untuk memberikan perhatian khusus atas penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak. Salah satunya hak untuk memberikan rasa aman dan selamat dari bencana kepada anak anak berkebutuhan khusus,” ujar Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo, Sabtu (22/7/2022).

Menurut Suranto, upaya mitigasi atau pengurangan risiko bencana perlu dikenalkan kepada masyarakat sejak usia dini. Karena itu penting sekali melatih anak-anak usia dini, terlebih anak dengan berkebutuhan khusus di SLB diajarkan bagaimana dalam mengambil langkah-langkah atau upaya penyelamatan dan evakuasi mandiri, pada saat terjadi bencana di lingkungannya.

“Dalam pelaksanaanya pihaknya menggandeng organisasi profesi wartawan yang tergabung dalam ikatan jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) korda Sukabumi,” jelas Suranto.

Suranto menuturkan, pemahaman dan pengetahuan tentang bencana alam khususnya potensi gempa bumi, perlu dikenalkan sedari dini kepada anak-anak di Sekolah Luar Biasa (SLB) ini. Terlebih lokasi lingkungan sekolahnya berdampingan dengan potensi patahan sesar Cimandiri.

Suranto menyebut, dalam kegiatan edukasi dan simulasi kali ini agak berbeda dari biasanya, karena peserta yang terlibat merupakan siswa yang berkebutuhan khusus yang membutuhkan pendampingan dan metode tersendiri.

“Walaupun dengan keterbatasan, kita terus menyemangati mereka untuk berperan aktif atau menjadi subjek dalam upaya mitigasi bencana ,” tuturnya.

Sementara itu, Mulyani, Kepala Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Sukabumi menyambut baik atas inisiasi dari PMI yang telah melaksanakan kegiatan edukasi di sekolahnya tersebut.

Dia mengungkapkan, kegiatan ini pertama kali dilaksanakan di lingkungan sekolahnya dengan mengajak langsung para siswa yang menjadi binaan saat ini untuk belajar langsung, tentang siaga bencana di sekolahnya.

“Ucapan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran PMI Kota Sukabumi atas inisiasi pelaksanaan kegiatan ini terlebih di momentum hari anak nasional tahun ini,” tandasnya.

                

               

                

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

Bantu Capai Target Imunisasi MR Fase 2, PMI Kerahkan Ribuan Relawan

JOGJAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) telah menjangkau 459 ribu keluarga dalam program Kampanye Campak Rubela...

PMR KOLABORASI DENGAN PRAMUKA UNTUK KEBENCANAAN BAGIKAN 150 PAKET SEMBAKO DAN 250 BIBIT TANAMAN UNTUK WARGA LERENG GUNUNG HYANG ARGOPURO

Jember, Untuk membantu pemerintah dalam hal tanggap bencana, Palang Merah Remaja (PMR) dan Pramuka...

KARYAWAN BERPRESTASI PT. KRAKATAU POSCO BERIKAN DONASI KE PMI CILEGON

CILEGON,- Sebagai bentuk rasa syukur dan kepeduliannya terhadap sesama, Ari Hadi Mulyadi yang merupakan...