PRODUK INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) SUNGAI BAKAR JADI OLEH-OLEH KHAS AIR TERJUN BAJUIN, MELALUI PROGRAM LIMITLESS PMI TANAH LAUT

Ahmad Zahid

Ahmad Zahid

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN – Program Limitless Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Laut terus berjalan, program yang berfokus ke bidang Pariwisata dan Peningkatan Ekonomi Komunitas pada saat Pandemi ini adalah salah satu program dari Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) – Solferino Academy.

Senin (25/1/2022) bertempat di Gedung Olahraga Desa Sungai Bakar dilaksanakan pelatihan Pengemasan Produk Lokal, kegiatan ini adalah rangkaian dari Program Limitless di bidang Peningkatan Ekonomi Komunitas lokal, Fasilitator sendiri di datangkan dari Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian.

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadikan produk lokal Desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin menjadi oleh-oleh khas Air Terjun Bajuin yang mana diketahui cukup banyak produk olahan lokal namun belum maksimal terkait pengemasan dan belum menjadi oleh-oleh khas Air Terjun Bajuin.

Sekretaris PMI Kabupaten Tanah Laut Ardiansyah dalam sambutannya mengatakan “Dalam kegiatan ini akan diberikan pelatihan dan mendampingi UMKM berkoordinasi dengan pihak terkait untuk membantu mempromosikan dan memasarkan dagangannya. Sehingga jika orang-orang berlibur ke tempat pariwisata akan bisa membeli ciri khas dari tempat pariwisata tersebut sebagai buah tangan atau oleh-oleh khas tempat wisata yang dia kunjungi.

Harapan saya dengan dilaksanakannya program ini mampu memberikan dampak yang baik terhadap warga sekitar Air Terjun Bajuin desa Sungai Bakar di Bidang ekonomi.”

Dikesempatan yang sama Mahdiani, pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Madu Kelulut di Desa Sungai Bakar, mengaku telah terinspirasi berkat adanya pelatihan kali ini. Melalui pelatihan ia menjadi mengetahui tips memilih wadah produk menjadi lebih higienis agar lebih dipercaya oleh konsumen.

“Ini sangat bermanfaat sekali, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemasaran produk kami jadi lebih luas,” ujarnya.

Kegiatan Limitless ini terus berjalan atas dukungan Pemerintah Kabupaten Tanah Laut melalui beberapa dinas terkait, diantaranya Dinas Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan, Dinas Komunikasi dan Informasi, Kecamatan Bajuin dan Pemerintah Desa Sungai Bakar.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

TINGKATKAN KAPASITAS KEMARKASAN, WUJUDKAN PMI YANG PROFESIONAL DI BANTEN

SERANG.- PMI Provinsi Banten dan Kabupaten-Kota se-Banten bakal mampu menerapkan manajemen markas maupun Unit...

PONPES AL-QODIRI GANDENG PMI JEMBER CEGAH DBD SEHARI SEBELUM KEDATANGAN SANTRI

Jember, Sebagai antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, ratusan...

HALAL BIHALAL KARYAWAN ALFAMART DIISI DENGAN KEGIATAN DONOR DARAH

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di...