DBD Jadi Ancaman Saat Pancaroba, Relawan PMI Kota Sukabumi Lakukan Aksi ini

Dinar Muhammad J

Dinar Muhammad J

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT- Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) PMI Kota Sukabumi yang tersebar di masyarakat keberadaannya terus gencar memberikan pelayanan kepada masyarakat diantaranya melakukan pencegahan penyebaran demam berdarah dengue (DBD) yang saat ini menjadi ancaman penyakit yang muncul pada hampir setiap musim pancaroba.

Seperti yang dilakukan oleh Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat di Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi dengah melakukan Gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) 3M Plus di lingkungan masyarakat.

PSN 3M Plus ini diantaranya, menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk yang menularkan demam berdarah.

Anggota Relawan SIBAT Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Ade Saryanti mengatakan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dilakukan rutin oleh relawan PMI keluarah Cisarua bersama, Satgas Jumantik, petugas puskesmas yang juga didukung oleh Relawan PMI lainnya.

“Upaya PSN kami lakukan rutin dan berharap menjadi salah satu media efektif dalam memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk,” kata Ade, minggu, (24/10)

Ia menambahkan, dalam pelaksanaannya dengan cara membersihkan dan menguras bak yang diidentifikasi menjadi sarang jentik nyamuk.

“Bersihkan barang-barang yang tidak terpakai, kuras secara rutin tempat penampungan air dan sebagainya,” kata dia.

“Cek semua tempat penampungan air yang menjadi wadah nyamuk untuk berkembang biak,” sambungnya

Ade menjelaskan, pihaknya meminta masyarakat menjaga pola hidup bersih dan sehat atau PHBS, guna menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit. Terlebih saat ini cuaca di Kota Sukabumi sulit diprediksi terkadang panas dan hujan.

“Cuaca yang tidak menentu seperti yang saat ini, di mana sedang terjadi musim pancaroba atau masa perpindahan dari musim kemarau ke musim hujan maupun sebaliknya, bisa menimbulkan munculnya penyakit, salah satunya demam berdarah dengue  atau DBD,” pungkas Ade

125

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...