Banjir Luapan Sungai Cikaso Sukabumi, PMI Kirimkan Personil Bantu Penanganan

Aril Solehudin

Aril Solehudin

KABUPATEN SUKABUMI, JAWA BARAT-  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mengerahkan personelnya untuk membantu warga yang terdampak banjir di akibat meluapnya Sungai Cikaso, Jumat (23/9) malam.

“Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, Selain merendam puluhan rumah, banjir akibat meluapnya Sungai Cikaso juga berdampak kepada 141 kepala keluarga (KK) atau 347 jiwa di wilayah Desa/Kecamatan Cibitung. Ada sekitar 22 unit rumah rusak dan 5 perahu milik warga hilang,” ujar Staf Divisi Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Sukabumi, dikdik Maulana, sabtu (24/9)

Dikdik mengatakan ada 5 kampung yang terdampak bencana banjir tersebut. Saat ini kondisi di lokasi, air sudah mulai surut. Petugas gabungan masih melakukan pembersihan puing dan lumpur yang terbawa banjir.
Kampung yang terdampak antara lain Kampung Ciniti, Cilopang, Kadudahung, Ciawi dan Kampung Ciloma. Seluruhnya berlokasi di Desa/Kecamatan Cibitung.

Dalam merespon bencana ini kami menurunkan personel ke lokasi kejadian berkoordinasi dengan BPBD untuk bergabung dengan petugas serta relawan lainnya dalam memberikan bantuan kepada warga yang terdampak

“Adapun dalam respon bencana ini, PMI mengerahkan personel relawan Korps Sukarelawan (KSR) terlatih satu unit kendaraan Rescue 4×4 dan perlengkapan pertolongan pertama,” ujar Dikdik

Relawan yang berada di lokasi bersama BPBD Kabupaten Sukabumi selain melakukan assessment juga ikut akan membantu membersihkan rumah warga yang masih digenangi lumpur.

“Relawan PMI bersama BPBD berada di lokasi untuk bersiaga, mengingat hujan masih turun meskipun hanya gerimis, tetapi dikhawatirkan kembali turun hujan deras yang bisa memicu banjir susulan. Kami pun mengimbau warga untuk tetap waspada,” tambahnya.

 

       

 

       

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI CILEGON IKUTI SIMULASI KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT 2022

CILEGON,- Kota Cilegon merupakan daerah dengan potensi bencana tertinggi di Indonesia, selain bencana alam...

𝐏𝐌𝐈 𝐒𝐚𝐥𝐮𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐧𝐭𝐮𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐏𝐞𝐧𝐲𝐢𝐧𝐭𝐚𝐬 𝐆𝐞𝐦𝐩𝐚 𝐂𝐢𝐚𝐧𝐣𝐮𝐫 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢 𝐫𝐚𝐰𝐚𝐭 𝐝𝐢 𝐑𝐒𝐔𝐃. 𝐑 𝐒𝐲𝐚𝐦𝐬𝐮𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐇

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menyalurkan bantuan kepada...

RESPON GEMPA CIANJUR ; KSR PMI ITS MANDALA JEMBER GALANG DANA UNTUK KORBAN CIANJUR

JEMBER -  Sejumlah aktivis kemanusiaan yang terhimpun dalam Korps Sukarela (KSR) Institute Teknologi dan...