logo2021

KSR BARU LAKUKAN SIMULASI TANAH LONGSOR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Relawan Korps Sukarela (KSR) Unit Stikes Bhamada Slawi menggelar simulasi tanggap darurat bencana tanah longsor di pesisir Sungai Cacaban Kedungbanteng Slawi Jawa Tengah, Minggu (23/3). Sebanyak 50 relawan mengikuti kegiatan yang bertajuk “Menciptakan Relawan yang Ikhlas dan Satu Kesamaan dalam Misi Kemanusiaan”yang digelar dalam rangka Pendidikan dan Pelatihan SAR KSR Angkatan IX 2014/2015 Unit Stikes Bhamada Slawi.

Komandan KSR Unit STIKes Bhamada Slawi, Deni Adi Maulana mengatakan tujuan simulasi bencana ini adalah untuk melahirkan anggota KSR PMI Unit Stikes Bhamada yang terampil dan handal dalam membantu pemerintah dalam penanganan bencana.

Dengan mengikuti simulasi, anggota KSR baru dapat menerapkan ilmu yang didapat dalam pelatihan dengan penerapan ilmu dilapangan. Kalau kita terbiasa melakukan praktek lapangan, maka kita tidak akan kaku jika berhadapan dengan kejadian bencana yang sesungguhnya,” kata Deni Adi Maulana.

Deni menambahkan, simulasi itu merupakan puncak kegiatan Diklatsar KSR yang digelar selama lima kali pertemuan pada Maret 2014.

Agar organisasi berjalan baik, perlu relawan yang terampil dan kompeten. Mereka perlu paham kompetensi yang harus mereka miliki, seperti pertolongan pertama, penanganan korban bencana, dan sebagainya,” tambah Deni.

Sementara itu Ketua Stikes Bhamada Slawi, Tri Agustina H mengatakan kegiatan para KSR PMI ini disambut baik.

“Ini salah satu wujud untuk merealisasikan misi kampus, yaitu dalam rangka pengabdian masyarakat dan memperkenalkan kepada masyarakat luas,” kata Tri Agustina.

Dalam diklat tersebut, para anggota KSR Unit Stikes dibekali beberapa materi antara lain Kepalangmerahan, Kepemimpinan, Manajemen Relawan, Pertolongan Pertama pada korban bencana, Manajemen Bencana, Kehumasan, Asesment, Dapur Umum dan Mendirikan Tenda.

 

Informasi lebih lanjut: M. Nashir Jamaludin, Kepala Divisi Humas PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp. 081228011455 atau 081575629075.

 

 

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

X