2 LOKASI DI JAKARTA PUSAT KEBAKARAN

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Kebakaran permukiman padat penduduk terjadi di wilayah Karang Anyar RT 03 sampai 16/RW 01 Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, Senin (23/2) Pukul 16.15 WIB.

Penyebab kebakaran adalah arus pendek listrik di salah satu rumah warga yang tinggal di gang 4. Api menyambar dengan cepatnya dikarnakan kondisi perumahan yang tergolong padat. Api akhirnya berhasil dipadamkan pada pukul 23.00 Wib oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jakarta Pusat dengan menerjunkan 50 Unit mobil Pemadam Kebakaran. Kebakaran mengakibatkan 390 rumah terbakar dengan rincian berjumlah 500 KK (2.000 jiwa) mengungsi.


Akibatnya, sebanyak  500 KK (2000 jiwa) menggungsi dengan menggunakan tenda darurat di bawah jembatan Stasiun Kereta Api Sawah Besar serta di rumah kerabat maupun tetangga. Sedangkan, korban akibat bencana kebakaran berjumlah 21 korban, 18 diantaranya sudah ditangani di lokasi kejadian oleh PMI Kota Jakarta Pusat, 1 korban ditangani di markas PMI Kota Jakarta Pusat dan 2 korban dirujuk ke rumah sakit terdekat.

“PMI Jakarta Pusat memobilisasi 20 sukarelawan dan 2 unit ambulan untuk melakukan pelayanan pertolongan pertama terhadap korban terdampak di Kelurahan Karang Anyar. Dapur umum juga didirikan untuk mendistribusikan 2000 nasi bungkus untuk makan malam.” Jelas Oktariadi, Kepala Bidang Pelayanan PMI DKI Jakarta.

Selain PMI Jakarta Pusat, PMI DKI Jakarta juga turut memobilisasi 1 unit ambulan dan 4 sukarelawan dalam membantu memberikan pertolongan pertama.

Kebakaran Terjadi Lagi

Akibat Konsleting Listrik yang terjadi pada hari Selasa, (24/2) Pukul 08.30 Wib terjadi kebakaran kembali di wilayah Paseban RT 03/ RW.03 Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, dengan kondisi perumahan yang tergolong padat telah berhasil dipadamkan pada pukul 09.15 Wib oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jakarta Pusat dengan menerjunkan 40 Unit mobil Pemadam Kebakaran.

Sedangkan di wilayah Paseban RT 03/RW.03 Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Provinsi DKI Jakarta, 8 rumah terbakar dengan jumlah korban terdampak 8 KK (44 jiwa) mengungsi ke rumah tetangga terdekat. Korban akibat bencana kebakaran ini berjumlah 2 korban dengan rincian 1 korban luka bakar dirujuk ke rumah sakit MH. Thamrin, 1 korban patah tulang panggul korban ditangani di lokasi kejadian.

“PMI Jakarta Pusat memobilisasi 1 unit ambulan dan 3 sukarelawan. Selain itu, PMI DKI Jakarta juga memobilisasi 3 sukarelawan dan 1 unit ambulan” Terang Okta.

Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi : Posko PMI Provinsi DKI Jakarta, Tlp021 – 390 6666 ext 212, atau Oktariadi, Kepala Bidang Pelayanan PMI DKI Jakarta, Hp085216923862