Banjir di Aceh Rendam 6 Kabupaten, Belasan Ribu Warga Mengungsi

Nurwarta Wiguna

Nurwarta Wiguna

PROVINSI ACEH.- Puluhan desa di enam kabupaten di Provinsi Aceh terendam banjir. Akibatnya, sekira 19 ribu warga mengungsi. Berdasarkan informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) pada Senin (23/1/2023), puluhan desa terendam banjir tersebut terletak di Kabupaten Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Tamiang dan Aceh Timur. Ketinggian air bervariasi antara satu hingga tiga meter.

“Banjir disebabkan intensitas hujan yang tinggi melanda wilayah pesisir timur Aceh dan membuat beberapa sungai di daerah itu meluap hingga menggenangi pemukiman warga,” kata Kepala BPBA, Ilyas.

Ditambahkan Ilyas, selain banjir, longsor juga terjadi di kawasan Aceh Tengah yang membuat arus lalu lintas terhambat. Kemudian jalan penghubung antarkabupaten di Beutong, Muara Tiga, Pidie amblas.

“Hingga siang ini pengungsi yang terdata sudah mencapai 20.901 orang, hujan juga masih turun di sejumlah wilayah,” katanya.

Sementara itu, pasca-banjir, sejumlah relawan PMI di Aceh melakukan asesmen ke beberapa titik lokasi terdampak banjir.***

Bagikan:

BERITA LAINNYA