PMR GENERASI SEHAT, BERBUDI DAN BERBAKTI

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Generasi Sehat, Berbudi dan Berbakti menjadi tema Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) IX PMR (Palang Merah Remaja) yang digelar PMI Kabupaten Pekalongan pada 23-26 October kemarin di Bumi Perkemahan Linggoasri Desa Linggoasri, Kabupaten Pekalongan.

Jumbara diikuti sebanyak 2.000 siswa dari 54 unit PMR Madya dan 29 unit PMR Wira ini dibuka oleh dibuka oleh Bupati Pekalongan Amat Antono juga menampilkan simulasi penanggulangan bencana tanah longsor oleh relawan PMI. “Tolong ajarkan kemampuan ini pada adik-adik PMR,” harap Bupati.

Tema Generasi Sehat, Berbudi dan Berbakti diangkat untuk memberikan penegasan kepada PMR sebagai agen perubahan, yang selalu menjaga kesehatan dengan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari, berbudi mulia dengan jiwa palang merah yang mengutamakan rasa saling tolong-menolong dan berbakti untuk kemanusiaan bagi yang membutuhkan.

“Jadikan momen Jumbara untuk berjumpa untuk bertukar pikiran dan mengevaluasi materi, berbakti kepada masyarakat dan sesama serta mengikuti seluruh kegiatan dengan gembira untuk mempererat tali persahabatan,” kata Wuri Widiyanti, Kadiv Relawan PMI Jateng yang menjadi fasilitator kegiatan.

Trio Santoso Ketua Panitia, menjelaskan bahwa panitia menggunakan bumi perkemahan dan lapangan desa untuk kegiatan Jumbara karena membludaknya peserta. “Kedepan jika antusiasme meningkat, kita akan memisah Jumbara tingkat madya dan wira dalam waktu yang berbeda,” jelasnya.

Kegiatan Jumbara IX terdiri atas 4 kegiatan Jumpa yang menekankan tentang pembinaan PMR, keselamatan berlalu lintas dan kampanye gerakan anti kekerasan dan diskriminasi, 9 kegiatan bakti yang berisi lomba materi kepalangmerahan dan 5 kegiatan gembira yang mengangkat tema tentang olah raga dan seni tradisional.

Tepilih sebagai juara umum tingkat madya SMP 1 Kajen diikuti SMP 1 Doro dan MTs N Buaran dan di tingkat wira masih didominasi oleh juara bertahan SMA 1 Kajen, SMA 1 Kedungwuni dan SMK 1 Sragi di Posisi ke 3. Bravo Jumbara IX PMI Kabupaten Pekalongan.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Silahklan Hubungi : M. Nashir Jamaludin, PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455 – 081575629075, Email  : nashrjateng@gmail.com