logo2021

PMI JATENG TINGKATKAN PELAYANAN PP DAN MANAJEMEN

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Guna meningkatkan pelayanan pertolongan pertama dan manajemen pelatihan, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah selenggarakan 2 (dua) pelatihan yakni Medical Action Team (MAT) dan pelatihan Manajemen Pelatihan (MP) di Gedung Prof.DR.dr. H Satoto, SpGK, Komplek PMI Center, Semarang, yang diikuti 70 orang staf dan relawan dari 35 PMI Kabupaten-Kota di Jawa Tengah, Senin (23/3).

Ketua PMI Jateng H. Imam Triyanto mengungkapkan bahwa pelatihan ini sebagai upaya peningkatan kualitas PMI dan relawannya di Jawa Tengah. “Pelatihan MAT ini sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam menangani masalah kesehatan dan sosial pada saat keadaan darurat/bencana/konflik,” katanya saat membuka pelatihan yang akan dilaksankan hingga 29 Maret mendatang.


Imam menambahkan bahwa manajemen pelatihan juga perlu ditingkatkan. “Pengetahuan dan ketrampilan staf bidang pendidikan dan latihan, dalam mengelola pelaksanaan suatu pelatihan harus dikuatkan dan dikembangkan, sehingga standarisasi pelatihan dapat terlaksana,” imbuhnya.

Standarisasi pelatihan PMI mencakup pelatihan berbasis kompetensi, pengorganisasian, sesuai kurikulum standar nasional Diklat PMI dan sertifikasi pelatihan.

PMI telah memobilisasi relawan untuk bertugas dalam penanganan bencana, seperti Evakuasi, Pertolongan Pertama, Pelayanan Kesehatan, Dapur Umum, Relief dan Distribusi bantuan, Penyediaan Air Bersih, Sanitasi, Penampungan Darurat dan Dukungan Psikososial serta pelayanan Ambulans Siaga saat masa mudik lebaran.

Relawan PMI mengemban tugas kemanusiaan secara sukarela dan profesional. “Kualitas SDM (sumberdaya manusia) PMI menjadi prioritas kami di Jawa Tengah, untuk mewujudkan PMI Profesional, mandiri, berkarakter dan dicintai Masyarakat,” pungkas Imam.

Untuk info selengkapnya, dapat menghubungi : M. Nashir Jamaludin, PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455, Email  : nashrjateng@gmail.com

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

X