logo2021

PUNCAK MUSIM HUJAN, PMI SIAGA

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Hujan yang mengguyur Jakarta dan beberapa wilayah Ibukota sejak Kamis (22/1) dini hari menyebabkan sejumlah titik di Jakarta tergenang. Di wilayah Jakarta Pusat, genangan air terjadi hingga merendam Jalan Gunung Sahari, depan Lantamal 3 dengan ketinggian sekitar 10-20 centimeter dengan lebar sepanjang 150 meter. Kemudian, di Jalan Percetakan Negara II, Johar Baru, dengan ketinggian air berkisar antara 30-50 cm.

Terdapat juga lima titik genangan di Jakarta Utara, yakni di Jalan RE Martadinata (depan Alexin dan SPBU) tergenang air 30 cm genangan air mencapai jarak 600 meter, Jalan Boulevard Barat (depan Balai Samudra) genangan setinggi 35 cm dengan jarak 500 meter, di Jalan Lodan Jalan Ahmad Yani (depan Pertamina) dan di Jalan Yos Sudarso masing-masing dengan ketinggian 40 cm.

Sedangkan satu titik genangan di wilayah Jakarta Timur ada di Jalan Pulomas Barat VI, Kelurahan Kayu Putih. Genangan air setinggi 10-20 cm Sementara genangan air setinggi 20 cm, menimbulkan kemacetan panjang di depan Grand Mall Bekasi. Selain itu genangan air juga terjadi di Pasar Induk Cibitung, kawasan Sasak jarang dan RSUD Kabupaten Bekasi. Genangan tersebut mengakibatkan kendaraan roda dua mogok.

Selain terjadi genangan air, ketinggian muka air di pintu air sekitar Jakarta juga meningkat. Berdasarkan pantauan posko bencana PMI Pusat melalui website resmi Dinas PU & Tata Air Provinsi DKI Jakarta per 20.45 WIBaat ini jaringan pintu air di wilayah Ibukota meningkat, namun masih berada pada status normal. Meskipun demikian pemerintah meminta warga tetap waspada khususnya kawasan langganan banjir seperti Kampung Pulo, Bukit Duri, Pejaten Timur, Rawajati, Pengadegan, Cawang, dan Kebon Baru.

Merespon musim hujan yang sudah terjadi di wilayah Jabotabek, PMI di masing-masing Kota dan Kabupaten telah menyiagakan sukarelawan untuk memberikan pelayanan kepada warga yang terkena dampak banjir. Para sukarelawan PMI siaga 24 jam di markas PMI diantaranya PMI DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Kab/Kota Bekasi, Kab/Kota Bogor, Depok, Kab/Kota Tangerang dan Tangerang Selatan.

Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi : Kepala Divisi Penanggulangan Bencana (PB) Markas Pusat PMI, Arifin M. Hadi, HP. 0812 977777 55, Dodi Humas PMI DKI Jakarta, 0817 996 7791, atau Posko Bencana Markas Pusat PMI, Telp: 021 7992325 ext. 678. Kontak Media, Anggun Permana Sidiq, HP. 0856 97777 313 

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3