97 Anggota PMR Di Tubaba Gelar Latihan Gabungan

Yunas Tanto

Yunas Tanto

Tulang Bawang Barat, Prov. Lampung —Sebanyak 97 anggota Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Wira dan Madya di enam kecamatan utara Tubaba, menggelar latihan gabungan sekaligus simulasi Pertolongan Pertama (PP) dalam lintas alam di SMAN 1 Pagar Dewa, Minggu (21/11).

PMR tingkat wira berasal dari SMAN1 Pagar Dewa, SMK HMPTI Tulang Bawang, SMKN1 Way Kenanga, SMAN1 Gunung Terang, SMAN1 Lambu Kibang, SMK Nasional Batu Putih, dan Madrasah Aliyah Hidayatul Mubtadiin. Sedangkan PMR tingkat madya, berasal dari SMP PGRI Batu Putih.

“Para peserta, sebagian didampingi oleh fasilitator PMR dan pembina dari sekolah masing-masing. Untuk pemateri dan satgas, kita mengundang staf markas PMI dan Forpis Tubaba,” kata Nurul Vani selaku ketua panitia kegiatan latihan gabungan tersebut, Minggu (21/11).

Jebolan Korps Sukarela (KSR) Tulang Bawang Tahun 2004 ini juga mengatakan, latihan gabungan atau diklat bersama tersebut, untuk memenuhi jumlah jam dalam kurikulum pendidikan PMR.

“Lebih dari satu tahun, kegiatan ekstrakulikuler di sekolah ditiadakan, karena terdampak pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Lebih dalam pria yang akrab di sapa Lulung ini mengatakan, dalam simulasi PP para peserta mempraktekan seluruh materi yang diberikan meliputi tehnik pembuatan tandu, pembalutan, dan pemindahan korban.

“Dalam simulasi lintas alam, kita membuat tiga titik pos simulasi, dimana di setiap pos kita berikan rintangan yang harus dilalui peserta, seperti membawa korban di lorong sempit, pagar tembok, dan urung-urung,” kata dia.

Sementara itu staf markas bidang SDM dan Relawan PMI, Apri Riswoyo berharap, anggota PMR yang sudah di latih, dapat menerapkan materi yang di dapat dalam kehidupan sehari-hari.

“Pertolongan pertama adalah pertolongan segera pada penderita sakit, atau korban cidera/kecelakaan, yang memerlukan penanganan medis dasar,” kata dia.

Adapun tujuan PP itu lanjutnya, dapat menyelamatkan jiwa korban, mencegah cacat, dan memberikan rasa nyaman serta menunjang proses penyembuhan.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

TINGKATKAN KAPASITAS KEMARKASAN, WUJUDKAN PMI YANG PROFESIONAL DI BANTEN

SERANG.- PMI Provinsi Banten dan Kabupaten-Kota se-Banten bakal mampu menerapkan manajemen markas maupun Unit...

PONPES AL-QODIRI GANDENG PMI JEMBER CEGAH DBD SEHARI SEBELUM KEDATANGAN SANTRI

Jember, Sebagai antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, ratusan...

HALAL BIHALAL KARYAWAN ALFAMART DIISI DENGAN KEGIATAN DONOR DARAH

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di...