SUMBANG 81 KANTONG DARAH, WUJUD PENGABDIAN MASYARAKAT PMR WIRA SMAN 1 JEMBER

Gufron PMI Kabupaten Jember

Gufron PMI Kabupaten Jember

JEMBER – Luar biasa!. Begitu gambaran antusiasme  SMAN 1 Jember mengikut kegiatan donor darah yang diselengarakan PMR Wira SMAN 1 Jember bersama Unit donor darah (UDD) PMI Jember Rabu,  (21/9). Sebanyak 128 siswa, guru dan karyawan SMAN 1 Jember ikut donor darah yang dipusatkan di aula. Ada juga masyarakat umum yang ikut donor darah. Dari jumlah itu, sebanyak 81 orang yang lolos sedangkan 46 orang ditolak karena tidak lolos screening .

Kegiatan donor darah ini merupakan program kerja PMR WIRA SMAN 1 Jember. Selain program kerja ini juga merupakan salah satu wujud dari Tri Bakti PMR  yaitu berkarya dan berbakti dimasyarakat. Dalam kegiatan donor kali ini PMR WIRA SMAN 1 Jember mencoba mengenalkan Donor darah dan PMR kepada masyarakat sekitar SMAN 1 Jember dengan cara yang berbeda.

“Kegiatan donor darah kali ini kami anggota PMR WIRA SMAN 1 Jember membawa misi yaitu mengenalkan donor darah kepada warga SMAN 1 Jember dan masayarakat umum disekitar sekolah dengan target 150 kantong darah” ujar Disya Nasywa Amalia selaku ketua PMR WIRA SMAN 1 Jember.

“Di kegiatan donor darah kali ini kami juga turut mengenalkan kepada masyarakat tentang apa itu PMR dengan berkolaborasi dengan beberapa instansi yang berada di sekitar sekolah, antara lain Satlantas Polres Jember, YON ARMED Jember. Dinas Migrasi Kabupaten Jember, dan Dinas Perpustakaan Daerah Jember” Imbuhnya.

“Saya baru pertama donor darah, dan rasanya tidak sakit. Saya sekarang merasa bangga karena saya bisa membantu orang lain dengan cara donor darah” Kata Farhan siswa pendonor pemula kelas X SMAN 1 Jember.

“Buat temen-temen yang masih takut donor ayo donor darah karena rasanya tidak sakit. Selain itu donor darah itu keren” Imbuhnya.

“Alhamdulillah saya bisa dan lolos donor darah. Kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan kemanusia yang luar biasa. Saya berterima kasih kepada Palang Merah Indonesia dan adik-adik PMR karena dengan donor darah saya bisa berbagi dan menolong sesama yang membutuhkan” ujar Ibu Tutik Istiqomah, salah seorang guru sekaligus pendonor aktif.

Ketua PMI Kabupaten Jember Dr M Thamrin SE MM menyatakan bahwa kegiatan donor darah sebagai salah satu cara sedekah yang mudah dan murah. “Kami haturkan terima kasih kepada SMAN 1 Jember, PMR Wira SMAN 1 Jember, para relawan pendonor lainnya,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember Dr M Thamrin.

Dia menjelaskan, PMR, termasuk PMR WIRA SMAN 1 Jember menjadi salah satu ujung tombak dalam menjaga stok darah di UDD PMI. “PMR menjadi ujung tombak untuk menjaga stok darah di UDD PMI Kabupaten Jemebr aman. Selain itu, berasal dari SMA regenerasi relawan pendonor juga terus berlangsung,” imbuhnya. (*)

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

SASAR SEKOLAH, PMR SMA NEGERI AMBULU HIMPUN 50 KANTONG DARAH

Jember - Palang Merah Remaja (PMR) SMA Negeri Ambulu aktif gelar donor darah sekaligus...

DONOR DARAH SEKALIGUS HIJAUKAN KEMBALI LAHAN KRITIS

JEMBER – PMI Kabupaten Jember bersama Majelis Daerah KAHMI Jember, Forhati Jember berkolaborasi mengadakan...

PMI DAMPINGI MASYARAKAT WATU LAWANG, BAK PENAMPUNGAN AIR PERTAMA RAMPUNG DIBANGUN

CILEGON,- Dalam menjalankan tugasnya membantu Pemerintah dibidang kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) telah melakukan...