PMI BALANGAN, TAK BOSAN INGATKAN MASYARAKAT DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Memasuki bulan keenam masa pandemi, upaya memasyarakatkan kebiasaan baru terus dilakukan Palang Merah Indonesia di berbagai daerah. Berbagai tempat beraktivitas warga didatangi PMI untuk mensosialisasikan kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun, bermasker, dan menjaga jarak. Seperti dilakukan relawan PMI Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan yang mengimbau peserta Pelatihan dan Kursus Balangan untuk berdisiplin protokol kesehatan.

PMI Balangan menyisipkan sosialisasi kesehatan sebelum kelas menjahit di Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) itu dimulai. Humas PMI Balangan Nurdin menjelaskan, kesadaran masyarakat untuk berdisiplin protokol kesehatan perlu terus digalakkan agar masyarakat akhirnya terbiasa. Karenanya, relawan rutin mengunjungi tempat-tempat beraktivitas masyarakat untuk mensosialisasikan kebiasaan tersebut.

“Kami gak akan bosan mengingatkan masyarakat untuk berdisiplin. Di sekolah, pesantren, balai warga, pasar, kami terus berikan edukasi lewat tatap muka, maupun tidak langsung dengan poster atau media sosial,” kata Nurdin.

Sedikitnya 20 paket PHBS dibagikan dalam kegiatan itu. Paket berisi masker serta sabun cuci tangan itu telah tersalurkan juga ke 2.400 warga Balangan, beserta 22 unit alat semprot, dan 20 dus cairan wipol.

Nurdin menambahkan, secara rutin, tim relawan melakukan promosi kesehatan bekerja sama dengan lapisan masyarakat lainnya. Bersama dengan BNPB, Gugus Tugas, bahkan Pramuka, PMI fokus melakukan pencegahan dan penanggulangan covid-19.