PMI DEMAK REKRUT PULUHAN ANGGOTA TIM SIBAT DI KECAMATAN BONANG

Ade Heriyanto

Ade Heriyanto

KABUPATEN DEMAK, JATENG,- PMI Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah, Senin-Selasa (18-19/10/2021) menggelar kegiatan Perekrutan dan Orientasi Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) di Kecamatan Bonang. Acara tersebut digelar di Aula Kantor Kecamatan Bonang dan dibuka oleh Pengurus PMI Kabupaten Demak Bidang Penanggulangan Bencana (PB), Drs. Daryanto, MM.

Ketua Panitia Perekrutan & Orientasi Tim Sibat, Ade Heriyanto (Kepala Markas) menyatakan, sebanyak 22 orang, terdiri dari laki-laki 21 orang dan perempuan 1 orang yang kesemuanya merupakan unsur dari Perangkat Desa dan tokoh masyarakat desa. “Selanjutnya, mereka mendapatkan orientasi kepalangmerahan, diberikan materi antara lain Pengantar Pelatihan, Dinamika Kelompok, Kepalangmerahan, Kerelawanan, Pengantar KKBM PERTAMA SIBAT, VCA dan PRA. Pemateri/Narasumber kegiatan ini terdiri dari unsur Pengurus, Staf dan Relawan,” katanya.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Demak, dr. Singgih Setyono, MMR  dalam sambutannya yang disampaikan Pengurus Bidang PB, Daryanto menegaskan, keberadaan Tim Sibat sangat penting dan strategis dalam membantu PMI menyebarluaskan informasi dan pelayanan kepalangmerahan seperti Prinsip-prinsip Dasar Gerakan, Penanggulangan Bencana (Pengurangan Risiko, Tanggap Daruat dan Pemulihan), Kesehatan dan Sosial.

“Tim Sibat sebagai relawan desa yang dididik dan dibina oleh PMI bersama stakeholder di tingkat kecamatan dan desa merupakan garda terdepan guna meningkatkan kapasitas masyarakat di wilayah masing-masing,” ujarnya.

Ia berharap, para anggota Tim Sibat yang sudah diorientasi bisa mengetahui dan memahami tentang kepalangmerahan. “Tentunya, kegiatan hari ini akan ditindaklanjuti oleh PMI bersama stakeholders di tingkat kecamatan atau desa dengan kegiatan-kegiatan lainnya kepada Tim Sibat, baik secara teori maupun praktiknya,” pungkasnya.***

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

TINGKATKAN KAPASITAS KEMARKASAN, WUJUDKAN PMI YANG PROFESIONAL DI BANTEN

SERANG.- PMI Provinsi Banten dan Kabupaten-Kota se-Banten bakal mampu menerapkan manajemen markas maupun Unit...

PONPES AL-QODIRI GANDENG PMI JEMBER CEGAH DBD SEHARI SEBELUM KEDATANGAN SANTRI

Jember, Sebagai antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, ratusan...

HALAL BIHALAL KARYAWAN ALFAMART DIISI DENGAN KEGIATAN DONOR DARAH

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di...