PMI Kota Tangerang Gelar Simulasi Manajemen Tanggap Darurat Bencana

Ade Kurniawan

Ade Kurniawan

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang lakukan simulasi Manajemen Tanggap Daarurat Bencana (MTDB) di halaman markas PMI Kota Tangerang selama dua hari. Minggu, (21/08/22).

Simulasi ini melibatkan tim satgana PMI Kota Tangerang sebanyak 60 orang yang di antaranya Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela ( TSR ), SIBAT dan Perwakilan PMI Kecamatan.

“Kerawanan bencana di beberapa wilayah Kota Tangerang merupakan tantangan bagi PMI. PMI dituntut untuk dapat menjadi organisasi yang kreatif, tanggap, siap siaga dan antisipatif terhadap kemungkinan kebutuhan masyarakat di masa yang akan datang, terutama masyarakat yang rentan terhadap resiko bencana,” terang Oman Jumansyah ketua PMI Kota Tangerang.

Oman menambahkan, PMI Kota Tangerang memerlukan pelatihan MTDB untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan tanggap darurat bencana di wilayah kota Tangerang. Mampu mengidentifikasi kendala dan permasalahan dalam setiap penanganan operasi bencana di wilayah Kota Tangerang yang pernah dilaksanakan. Mengidentifikasi solusi-solusi strategis untuk menghadapi segala kendala yang muncul di lapangan. Selama proses operasi tanggap darurat bencana dengan peningkatan kapasitas markas dan SDM dalam simulasi MTDB.

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Kota Tangerang Agus Gilang Prabowo mengatakan kegiatan simulasi ini merupakan hasil dari pelatihan MTDB yang di laksanakan oleh PMI Provinsi Banten yang dilaksanakan pada bulan lalu.

“Diharapkan dengan simulasi ini, peserta dapat memahami MTDB PMI. Peserta dapat melakukan kesiapsiagaan terhadap bencana di wilayahnya terutama relawan yang ada di sekitar wilayah rentan bencana. Relawan PMI lebih tanggap dan terstruktur dalam memberikan pelayanan respon bencana sesuai juklak PMI. Selanjutnya dapat membuat rencana operasi yang matang dan baik, memiliki kemampuan manajerial yang baik dan mampu mengorganisir kegiatan masyarakat yang terkait pengurangan resiko bencana,” jelasnya

Kegiatan simulasi MTDB tingkat Kota Tangerang dilaksanakan selama dua hari, dan simulasi yang di jalankan disesuaikan dengan kejadian-kejadian yang selama ini dialami di wilayah Kota Tangerang.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI CILEGON IKUTI SIMULASI KEDARURATAN KESEHATAN MASYARAKAT 2022

CILEGON,- Kota Cilegon merupakan daerah dengan potensi bencana tertinggi di Indonesia, selain bencana alam...

𝐏𝐌𝐈 𝐒𝐚𝐥𝐮𝐫𝐤𝐚𝐧 𝐁𝐚𝐧𝐭𝐮𝐚𝐧 𝐤𝐞𝐩𝐚𝐝𝐚 𝐏𝐞𝐧𝐲𝐢𝐧𝐭𝐚𝐬 𝐆𝐞𝐦𝐩𝐚 𝐂𝐢𝐚𝐧𝐣𝐮𝐫 𝐲𝐚𝐧𝐠 𝐝𝐢 𝐫𝐚𝐰𝐚𝐭 𝐝𝐢 𝐑𝐒𝐔𝐃. 𝐑 𝐒𝐲𝐚𝐦𝐬𝐮𝐝𝐢𝐧 𝐒𝐇

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menyalurkan bantuan kepada...

RESPON GEMPA CIANJUR ; KSR PMI ITS MANDALA JEMBER GALANG DANA UNTUK KORBAN CIANJUR

JEMBER -  Sejumlah aktivis kemanusiaan yang terhimpun dalam Korps Sukarela (KSR) Institute Teknologi dan...