TINGKATKAN IMUNITAS, PASIEN COVID 19 DIAJAK BERGOYANG

M. Alwan Rifai

M. Alwan Rifai

Banjarnegara (JAWA TENGAH) -Tim Psikososial PMI Kabupaten Banjarnegara mengajak pasien Covid-19 di rumah singgah Isolasi terpadu BLK Klampok berjoged bersama untuk mengurangi rasa cemas sekaligus meningkatkan imun tubuh.

Kegiatan berjoged dangdut dipandu langsung oleh psikolog klinis sekaligus Pengurus PMI Kabupaten Banjarnegara Gones Saptowati. Menurutnya, selain beban penyakit, orang yang didiagnosa menderita covid justru lebih terbebani secara psikologis. Dan hal ini justru bisa menghambat upaya penyembuhan klinis.“Bukan penyakitnya yang ditakutkan, justru dampaknya seperti stigma dari masyarakat, merasa terasingkan dan diisolasi, sejauh ini kondisi Psikologis mereka masih normal dan stabil ” katanya.

Faktor psikologis menjadi poin penting dalam upaya meningkatan imunitas tubuh. Karena itu, pihaknya berusaha melakukan intervensi dengan memberikan dukungan psikososial bagi pasien Covid di rumah isolasi terpadu tersebut. “Kami coba membuat mereka lebih happy, lebih semangat dan positif thinking sehingga berkorelasi positif pada peningkatan imunitas agar mereka kembali sehat,” terangnya. Menurutnya, salah satu aktivitas yang dilakukan yakni mengajak pasien untuk berjoged. Sejumlah penelitian psikologi, dance/movement therapy memberikan manfaat untuk menguatkan mental. Melalui gerakan joged, pasien bisa meluapkan ekspresi dari dalam dirinya.

“Tadi ada yang curhat, katanya baru kali ini bisa joged seekspresif ini, dan dia merasa lega banget. Artinya, beban-beban psikologis yang terpendam bisa diekspresikan melalui joged. Dan itu efektif,” jelasnya.

Beberapa aktivitas lain yakni permainan dan sesi diakhiri dengan hipnoterapi. Tujuannya untuk relaksasi dan mengurangi rasa cemas untuk meningkatkan imunitas tubuh. Program tersebut akan dilakukan secara rutin setiap hari Jumat.

Salah satu pasien, mengaku sangat senang setelah mengikuti kegiatan tersebut. Menurutnya, aktivitas yang monoton membuatnya merasa bosan. Kegiatan tersebut memberikan motivasi dan semangat dia untuk kembali sehat dan berkumpul dengan keluarga. **alw

40

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...