DUA WARGA MENINGGAL DUNIA AKIBAT LONGSOR DI CIDAHU SUKABUMI, PMI TERJUNKAN PERSONIL

Aril Solehudin

Aril Solehudin

KABUPATEN SUKABUMI, JABAR-  Bencana longsor di Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi menyebabkan dua orang warga meninggal dunia, Rabu (20/7/2022) sore. Korban yang merupakan pekerja bangunan tertimbun material tanah longsor.

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi menerjunkan sejumlah relawannya untuk membantu proses evakuasi korban tertimbun longsor di Kampung Jabongardu, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Rabu, (20/7) dan juga mengerahkan satu unit ambulans.

“Delapan personel yang kami kerahkan terdiri dari dua staf dan enam relawan serta satu unit ambulans sudah berada di lokasi kejadian yakni di RT 03/03, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu,” kata Staf Humas PMI Kabupaten Sukabumi Ariel Solehudin di Sukabumi, Rabu.

Menurut Iding sapaan akrabnya, bencana tanah longsor ini menyebabkan dua pekerja bangunan meninggal dunia yakni atas nama Abdullah (29) dan Irwan (34) warga Kampung Jabonrawa, RT 4/3, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi.

Untuk jasad Irwan sudah berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, sementara untuk jasad Abdullah masih dalam proses evakuasi. Sulitnya medan dan tebalnya tanah yang menimbun korban menyebabkan proses evakuasi membutuhkan waktu yang lama.

Selain itu, tim SAR gabungan hanya menggunakan alat seadanya seperti cangkul dan lainnya dalam proses evakuasi ini. Diharapkan jasad korban atas nama Abdullah bisa segera dievakuasi karena titik keberadaannya sudah ditemukan hanya tinggal diangkat saja dari dalam tanah yang menimbunnya.

“Dalam operasi kemanusiaan ini kami berkoordinasi dengan BASARNAS Pos Sukabumi, BPBD Kabupaten Sukabumi dan personel di lokasi sudah bergabung dengan tim SAR gabungan untuk membantu evakuasi,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, bencana tanah longsor ini terjadi saat enam orang pekerja yang tengah membangun rumah, tiba-tiba tebing setinggi enam meter dengan panjang enam meter longsor menimpa para pekerja bangunan.

Saat kejadian, tiga pekerja berhasil menyelamatkan diri sementara tiga pekerja lainnya tertimbun. Warga yang melihat kejadian itu berhasil menyelamatkan satu pekerja yang tertimbun. sementara Irwan dan Abdullah tidak berhasil dievakuasi.

Tim SAR gabungan dari unsur BASARNAS,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PMI, TNI, Polri, Tagana dan relawan serta dibantu masyarakat yang menerima laporan langsung meluncur ke lokasi dan tidak lama berhasil mengevakuasi jasad Irwan yang kondisinya sudah meninggal dunia.

 

         

         

KONTRIBUTOR  : ARIEL SHOLUDIN

 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

Bantu Capai Target Imunisasi MR Fase 2, PMI Kerahkan Ribuan Relawan

JOGJAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) telah menjangkau 459 ribu keluarga dalam program Kampanye Campak Rubela...

PMR KOLABORASI DENGAN PRAMUKA UNTUK KEBENCANAAN BAGIKAN 150 PAKET SEMBAKO DAN 250 BIBIT TANAMAN UNTUK WARGA LERENG GUNUNG HYANG ARGOPURO

Jember, Untuk membantu pemerintah dalam hal tanggap bencana, Palang Merah Remaja (PMR) dan Pramuka...

KARYAWAN BERPRESTASI PT. KRAKATAU POSCO BERIKAN DONASI KE PMI CILEGON

CILEGON,- Sebagai bentuk rasa syukur dan kepeduliannya terhadap sesama, Ari Hadi Mulyadi yang merupakan...