PMI Dukung Kebijakan Global Tangani Migran

Farhan Irfan

Farhan Irfan

JENEWA, Swiss—Palang Merah Indonesia (PMI) berkomitmen dalam membantu pemerintah menangani pengungsi korban konflik berbagai negara. Bantuan kemanusiaan untuk migran tersebut telah dilakukan PMI beberapa kali. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said dalam Pertemuan Global Migration Leadership Group di Jenewa, Swiss, beberapa waktu lalu.

 

“Selain tantangan perubahan iklim, isu soal migran juga menjadi perhatian kami. Kami berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah dalam menangani pengunsi konranflik berbagai negara,” tegasnya.

 

Wakili Indonesia: Sekjen PMI Sudirman Said (kiri) bersama Pengurus Ketua Bidang PMR Relawan PMI Sasongko Tedjo dalam pertemuan global di Jenewa Swiss, beberapa waktu lalu. (ist)

 

Seperti diketahui, selain karena konflik, migrasi juga bisa disebabkan bencana maupun sebab lain. PMI sebagai organisasi kemanusiaan tertua di Indonesia, kata Sudirman Said, telah merumuskan strategi dalam merespon isu global tersebut.

 

“Di forum ini juga semacam stock talking dan saling belajar sesma organisasi nasional dari berbagai negara,” jelas Sudirman.

 

Pertemuan Global Migration Leadership Group diikuti oleh para Ketua atau Sekretaris Jenderal organisasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dari 20 negara.

 

Mereka akan mendiskusikan pengalaman dan pembelajaran dalam penanganan isu migrasi, mulai dari penanganan kesehatan, hunian, pemulihan hubungan keluarga (family link restoration), sampai dengan pemulihan kehidupan ekonomi para pengungsi.

 

Selama ini Indonesia sering menjadi tujuan atau tempat singgah para pengungsi korban konflik, mulai dari Afganistan, Myanmar, bahkan dulu Vietnam.

 

“Peran PMI fokus pada bantuan kemanusiaan, dan tidak memasuki wilayah politik maupun hubungan diplomasi. Respon darurat kemanusiaan seperti memberikan makanan, layanan kesehatan, hunian sementara, dan menyambungkan mereka dengan keluarga, kami lakukan. PMI juga bekerjasama dengan Lembaga-lembaga lain termasuk Lembaga internasional PBB maupun NGO lokal yang bergerak dalam bidang kemanusiaan,” kata Sekjen PMI.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PMI CILEGON LATIH PENGURUS RT/RW MANAJEMEN TANGGAP DARURAT BENCANA

CILEGON.- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon latih pengurus RT / RW Manajemen Tanggap...

PENYEMPROTAN DISINFEKTAN CEGAH PENULARAN PMK

Penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang terus berkembang di Jatim...

PMI KOTA PASURUAN STUDI PROGRAM KE PMI KABUPATEN JEMBER

JEMBER - Sejumlah pegawai dan relawan PMI Kota Pasuruan berkunjung ke markas PMI Kabupaten ...