Gotong Royong Swasta Perkuat Layanan Kemanusiaan PMI

Farhan Irfan

Farhan Irfan

JAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) menerima sejumlah perlengkapan pendukung layanan kesehatan dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia , Rabu 20 April 2022. Penyerahan donasi diharapkan dapat memperkuat layanan kemanusiaan PMI saat krisis kesehatan maupun bencana.

 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Sudirman Said mengungkapkan, saat masa non-bencana atau kesiapsiagaan PMI terus melakukan peningkatan kapasitas relawan serta markas. Dukungan Kadin terhadap PMI, sambung Sekjen, akan meningkatkan kapasitas PMI dalam layanan kemanusiaan.

 

“Kita tidak tahu kapan terjadi bencana, yang bisa dilakukan hanya prakiraan, maka itu kesiapsiagaan merupakan keniscayaan,” katanya.

 

PMI menerima dukungan Kadin senilai Rp5,3 miliar. Dukungan tersebut merupakan fasilitas Rumah Oksigen Gotong Royong (ROGR) Pulogadung yang dibangun Kadin dengan sejumlah pelaku industri serta Mabes TNI AD. Ketua Satgas Kadin Perang Melawan Pandemi Joseph Pangalila mengatakan, GOGR difungsikan saat wabah melonjak untuk pasien gejala ringan.

 

Beberapa yang terlibat dalam inisiasi kemanusiaan tersebut di antaranya GoTo, Halodoc, PT Aneka Gas Industri Tbk (Samator Group), Master Steel, Tripatra Engineers and Constructors serta Pusat Kesehatan TNI.

 

“Kadin Indonesia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga ROGR ini bisa terselenggara, Dengan ditutupnya Rumah Oksigen ini maka semua asset yang ada dihibahkan kepada PMI,” jelasnya.

 

Selain Sudirman Said yang mewakili PMI, kegiatan tersebut juga disaksikan oleh Suryani S. Motik selaku Wakil Ketua Kadin untuk bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana. Acara serah terima ini juga dalam rangka memperkuat keberlangsungan penanganan covid-19 dan antisipasi krisis Kesehatan dan bencana alam yang akan dikelola oleh PMI, serta bagian dari realisasi MoU Kaddin dan PMI.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

TINGKATKAN KAPASITAS KEMARKASAN, WUJUDKAN PMI YANG PROFESIONAL DI BANTEN

SERANG.- PMI Provinsi Banten dan Kabupaten-Kota se-Banten bakal mampu menerapkan manajemen markas maupun Unit...

PONPES AL-QODIRI GANDENG PMI JEMBER CEGAH DBD SEHARI SEBELUM KEDATANGAN SANTRI

Jember, Sebagai antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, ratusan...

HALAL BIHALAL KARYAWAN ALFAMART DIISI DENGAN KEGIATAN DONOR DARAH

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di...