logo2021

SURVEY UNTUK TINGKATKAN LAYANAN AMBULANS

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Sebagai organisasi kemanusiaan yang salah satu tugasnya bergerak di bidang kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan pelayanan ambulans ke masyarakat dalam hal kedaruratan dan pelayanan medis. Hingga saat ini PMI memiliki 295 kendaraan ambulans yang tersebar di seluruh Indonesia. Ambulans PMI tidak hanya sebagai ambulans transportasi untuk mengantar pasien ke rumah sakit, tetapi juga sebagai ambulans gawat darurat (emergensi).

Ambulans PMI aktif beroperasi saat kejadian kedaruratan kecelakaan atau saat tanggap darurat respon bencana. Sehingga tidak heran jika layanan ambulans adalah salah satu pelayanan unggulan yang diberikan PMI kepada masyarakat. Di sejumlah kantor PMI di daerah, layanan ambulans juga menjadi sumber pemasukan (income generating) bagi keberlangsungan organisasi sebagai bagian dari kegiatan penggalangan sumber dana (PSD).

Layanan ambulans PMI terus ditingkatkan. Pada 2009, PMI telah mengeluarkan buku panduan pelayanan ambulans sebagai panduan untuk penyediaan pelayanan ambulans PMI yang terstandarisasi. Dan pada 2013, PMI telah melakukan Survey Kapasitas Layanan Ambulans untuk mengetahui sejauh mana kapasitas layanan ambulans PMI secara nasional.

Peserta survey adalah PMI Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah melakukan layanan ambulans dan yang baru akan melakukan program ambulans ini. Survey berjalan selama 3(tiga) bulan, yaitu sejak 19 Agustus hingga 19 Oktober 2013 dan dilakukan secara online untuk mempermudah proses input data, hasil survey dapat dilihat secara real time, serta dapat dipertanggungjawabkan.

Diharapkan hasil survey ini menunjukkan bahwa PMI telah menjalankan layanan ambulans sesuai dengan standarisasi panduan pelayanan ambulans PMI. Untuk detailnya, hasil survey kapasitas layanan ambulans PMI tahun 2013 dapat dilihat di http://www.surveyambulanspmi.net/

 

Untuk informasi lebih lanjut: dr. Arfan, Kepala Divisi Kesehatan Markas Pusat PMI, Hp. 08161696881 atau Taufik Jeremias, Kepala Sub Divisi Kesehatan Markas Pusat PMI, Hp. 08159211617.

 

 

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3
X