logo2021

HAGGLUND BAWA AIR BERSIH KE DESA TERISOLIR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Akibat banjir lahar dingin, sejumlah daerah di Kabupaten Malang terisolir akibat akses yang rusak diterjang banjir. Namun di tengah sulitnya medan, bantuan harus tetap sampai ke masyarakat yang membutuhkan. Begitu juga dengan warga di Desa Pandansari, Dusun Kudut, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, yang membutuhkan air bersih.

“Warga kesulitan mendapatkan air bersih akibat banyak sumur merka yang rusak karena tercemar banjir lahar dingin dan terkena pasir vulkanik Gunung Kelud. Apalagi aliran air dari PDAM juga terhenti karena bencana ini,” jelas Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprilianto.

Melihat kondisi ini, PMI Kabupaten Malang menurunkan kendaraan amphibi yaitu Hagglund untuk membawa bantuan air bersih bagi warga di Desa Pandansari yang berjarak 5 kilometer dari kawah gunung, pada Kamis (20/2). Total air yang diberikan sebanyak 40 ribu liter dan didistribusikan dalam 8 kali antaran. Distribusi air bersih sebanyak itu didukung oleh lima unit mobil tangki air yang berada di luar Dusun Kudut.

“Untuk kondisi seperti ini, Hagglund adalah kendaraan yang tepat untuk membawa bantuan apapun, termasuk air bersih. Kendaraan ini sangat kuat dan bisa menembus lokasi sesulit apapun,” tambah Aprilianto.

Banjir lahar dingin Gunung Kelud yang terjadi pada Selasa (18/2) mengakibatkan Kali Sambong Ngantang meluap. Akses menuju Desa Pandansari pun terputus. Banyak rumah warga dan fasilitas umum seperti musalla rusak parah. 

 

Informasi lebih lanjut: Yasin, Korlap Operasi TDB PMI Kabupaten Malang, HP: 034170379750

 

 

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

X