30 GURU IKUTI ORIENTASI PEMBINA PMR

Eko Purwanto

Eko Purwanto

Kebumen, Jawa Tengah – 30 guru dari 20 sekolah di Kabupaten Kebumen mengikuti Orientasi Pembina Palang Merah Remaja Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 12 sampai dengan 14 Oktober 2021.

Acara dibuka oleh Ketua Bidang Penanggulangan Bencana dan Relawan PMI  Totok Ari Setyanto yang pada sambutannya menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi wadah pembelajaran dan tempat bertukar pengalaman bagi peserta yang baru bergabung di dunia kepalangmerahan.

“Kami sebagai pengurus berharap besar pada peserta untuk dapat mengiktui kegiatan ini sampai selesai dimana kegiatan ini dapat menjadi wadah pembelajaran dan tempat bertukar pengalaman bagi bapak dan ibu peserta” kata Totok

Kepala Markas PMI Kebumen Eko Purwanto mengatakan kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dan berlangusng di Aula PMI Kabupaten Kebumen dengan menghadirkan Fasilitator dari PMI Provinsi Jawa Tengah dan didampingi 2 orang fasilitator dari PMI Kabupaten Kebumen dengan materi yang disampaikan antara lain Kepalangmerahan, Manajemen PMR, Peran Pembina, Peran Fasilitator, Ketrampilan Memfasilitasi, Analisa Situasi PMI, Kurikulum PMR dan Program kerja 1 tahun

“Kegiatan Orientasi Pembina PMR ini PMI Kebumen dilaksanakan selama 3 hari dan menghadirkan Fasilitator dari PMI Jawa Tengah yaitu Pak Irsyad Prio Ambodo yang berasal dari Banyumas yang didampingi oleh Pak Muhamad Muslim Mustofa dan Ibu Hafifah Umami dari PMI Kebumen” Ujar Eko.

Seluruh peserta adalah guru yang belum pernah mengikuti kegiatan PMI apalagi kegiatan Orientasi Pembina PMR yang berasal dari 10 sekolah yang menjadi pilot Program Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Bencana Berbasis Masyarakat dan Sekolah di Selatan Jawa yang masing masing sekolah mengirimkan 2 peserta dan  ditambah 10 orang guru dari 10 sekolah lainnya. Walaupun baru mengikuti namun seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti seluruh materi yang disampaikan fasilitator.

Hal senada juga disampaikan oleh Kuat Purwadi peserta dari SD Negeri 1 Surorejan pada saat acara penutupan kegiatan orientasi dimana disampaikan bahwa pelatihanini adalah pelatihan yang luar biasa dan ini adalah pengalaman pertama kami mengikuti kegiatan pmi dan ilmu baru bagi sekolah kami khususnya yang di Sekolah Dasar.

“Pelatihan yang luar biasa karena ini adalah pengelaman pertama kami mengikuti kegiatan Palang Merah Indonesia dan ini ilmu baru bagi sekolah kami di tingkat sekolah dasar” Ujar Kuat yang juga diamini oleh peserta yang lain.

Orientasi Pembina Palang Merah Remaja di tutup pada hari Kamis, 14 Oktober 2021 jam 16.00 WIB oleh Sekretaris PMI Kabupaten Kebumen Mukhsinun, yang pada sambutannya menyampaikan harapannya untuk menyampaikan ilmu yang diterima dapat dibagikan kepada yang lain, minimal kepada keluarga sehingga ilmu yang diterima dapat bermanfaat.

“Kepada peserta kami mohon dengan sangat untuk dapat sharing knowledge atau membagikan ilmu yang diterima kepada yang lain, minimal kepada keluarga, sehingga bisa dirasakan manfaatnya” ujar Mukshsinun.

Pada penutupan acara penutupan juga disampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh peserta, panitia dan fasilitator yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan lancar, serta kepada Palang Merah Jepang dimana kegiatan ini didanai sepenuhnya dari Program Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Bencana Berbasis Masyakarat dan Sekolah di Selatan Jawa kerja sama Palang Merah Indonesia dan Japanese Red Cross Society (JRCS).

71

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, PMI KABUPATEN DEMAK BAGI PAKET SEMBAKO

KABUPATEN DEMAK, JATENG,- Sebagai bentuk dukungan dan upaya untuk mencapai Indonesia ending AIDS 2030,...

Memperingati World Aids Day, Korps Sukarela PMI UIN SU Medan Gelar Donor Darah

01 Desember 2021 kemarin adalah hari peringatan AIDS Sedunia, yang dimana banyak LSM, Komunitas...

ADA BINGKISAN KHUSUS UNTUK PENDONOR DARAH

KALIMANTAN SELATAN, TANAH LAUT,- Dalam rangka hari jadi Kabupaten Tanah Laut Dinas Koperasi Perdagangan...