Bantu Respon Krisis Air, Indomaret Salurkan Truk Tangki Air Donasi Pelanggan

Farhan Irfan

Farhan Irfan

 

JAWA TIMUR—Bencana hidrometeorologi mendominasi jumlah catatan bencana di Jawa Timur sepanjang 2021. Bencana seperti banjir rob, banjir bandang, puting beliung, hingga kekeringan yang terjadi tidak kurang di 200 titik di Jawa Timur ini kerap menyebabkan krisis air bersih. Sarana truk tangki air karenanya sangat dibutuhkan dalam respon sejumlah bencana tersebut.

“Hampir semua bencana yang di Jawa Timur ini membutuhkan bantuan distribusi air bersih, karena kebutuhan utama,” kata Imam Utomo, Ketua PMI Jawa Timur di sela serah-terima donasi pelanggan Indomaret, Rabu, 20 Juli 2022.

Imam mengapresiasi bantuan pelanggan Indomaret dari sisa uang kembalian tersebut. Ia mengatakan, bantuan sebanyak tiga unit truk tangki air dan 2 unit ambulans tersebut akan dimanfaatkan sebaik-baiknya.  Sejumlah bantuan tersebut akan menambah sarana air bersih dan kebersihand alam respon bencana.

“PMI memang sejak awal menyiapkan truk tangki air untuk distribusi air tapi jumlahnya belum cukup,” tambahnya.

Selain mendistribusikan truk tanki air dan ambulans di Jawa Timur, PT Indomarco Prismatama dan PMI menginisiasi program Sekolah Sehat Aman dan Hebat (Sahabat) Palang Merah Indonesia (PMI) di 6 Provinsi. Direktur Utama PT Indomarco Prismatama Yulius Wahyu Santosa mengatakan, tujuan program tersebut yakni membantu terciptanya hidup bersih dan sehat untuk guru, siswa, dan orang tua siswa.

DONASI PELANGGAN: Ketua PMI Jawa Timur Imam Utomo (kedua kiri) menerima simbolis bantuan pelanggan Indomaret, Rabu, Juli 2022.

“Bentuk bantuan yang sudah diserahkan yakni program Sahabat WASH untuk 10 sekolah di 6 provinsi senilai RP1,650 miliar, 5 unit truk seharga Rp550 juta perunit untuk distribusi air bersih sejumlah Rp2,750 miliar, 2 unit untuk Jawa Timur, 2 DIY, dan 1 Magetan, dua unit ambulans senilai Rp450 juta perunit dengan total Rp900 juta di Tuban dan Situbondo,” jelas Yulius.

Yulius menambahkan, distribusi donasi pelanggan yang dihimpun pada 2020 ini diharapkan dapat membantu PMI dalam melayani masyarakat.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

Bantu Capai Target Imunisasi MR Fase 2, PMI Kerahkan Ribuan Relawan

JOGJAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) telah menjangkau 459 ribu keluarga dalam program Kampanye Campak Rubela...

PMR KOLABORASI DENGAN PRAMUKA UNTUK KEBENCANAAN BAGIKAN 150 PAKET SEMBAKO DAN 250 BIBIT TANAMAN UNTUK WARGA LERENG GUNUNG HYANG ARGOPURO

Jember, Untuk membantu pemerintah dalam hal tanggap bencana, Palang Merah Remaja (PMR) dan Pramuka...

KARYAWAN BERPRESTASI PT. KRAKATAU POSCO BERIKAN DONASI KE PMI CILEGON

CILEGON,- Sebagai bentuk rasa syukur dan kepeduliannya terhadap sesama, Ari Hadi Mulyadi yang merupakan...