logo2021

RELAWAN PMI KOTA BANJAR BERI DUKUNGAN PSIKOSOSIAL KELOMPOK RENTAN

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) mendampingi kelompok rentan di pengungsian Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 2 Martapura, Rabu (20/1/2021). Dukungan psikososial diberikan kepada penyandang disabilitas di pengungsian tersebut. Layanan tersebut mulai dilakukan relawan PMI di lokasi pengungsian pada H+8 banjir Kalimantan Selatan, Selasa (19/1/2021).

Pendampingan kelompok rentan dilakukan relawan PMI untuk mencegah trauma bencana. Staf Humas PMI Kabupaten Banjar Jazuli menjelaskan, pendekatan yang dilakukan dalam layanan ini bergantung pada usia atau jenis trauma yang dialami penyintas bencana. Pada kesempatan kali ini, sejumlah anak dan remaja penyandang disabilitas diajak bermain oleh Tim Dukungan Psikososial PMI.

“Relawan dalam fasilitator ini sudah terlatih. Mereka sudah biasa menghadapi penyintas bencana, untuk sekedar meringankan beban psikis. Apalagi untuk kelompok rentan, mereka butuh perhatian khusus,” katanya.

Salah satu fasilitator dukungan psikososial, Tanwir mengatakan, penerima manfaat layanan kali ini adalah penyandang tuna grahita, tuna rungu, dan anak berkebutuhan khusus. Keterbatasan interaksi, lanjut Tanwir, kerap jadi hambatan mereka mendapatkan pelayanan.

“Mohon maaf saya harus melepas masker agar bibir saya terbaca (oleh penyandang tuna rungu), tapi kami upayakan menjaga jarak agar terhindar dari bahaya penularan covid-19,” tukasnya.

Selain di SLBN 2 Martapura, layanan dukungan psikososial juga dilakukan di Pengungsian Desa Pamatang Danau, Kecamatan Mataram. Para relawan meringankan trauma anak-anak di pengungsian dengan cara mengajak bermain.

Di samping itu, PMI telah menyalurkan sejumlah bantuan logistik ke lokasi terdampak banjir Kalsel. PMI telah mengirimkan 272 paket kebersihan, 530 selimut, 130 matras, 34 terpal, 30 kantong jenazah, 200 popok bagi, dan 300 sarung. PMI juga membangun dapur umum di sejumlah pengungsian untuk memenuhi kebutuhan makan para pengungsi.

Penyaluran bantuan masih akan terus dilakukan PMI mengingat dampak banjir semakin meluas. Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said mengatakan, mobilisasi relawan juga akan terus dilakukan untuk memberikan sejumlah pelayanan.

“Kebutuhan-kebutuhan seperti air bersih, terpaulin, matras, perlengkapan kesehatan dan sebagainya masih sangat mendesak, PMI Pusat maupun daerah akan terus berupaya meringankan beban masyarakat terdampak bencana,” tukasnya.

Seperti diketahui, pascahujan berintensitas tinggi pada Kamis (7/1/2021), banjir melanda sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Kalsel. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Kamis (14/1/2021), banjir tersebuat meluas ke Kabupaten Tapin, Kota Banjarbaru, Balangan dan Kabupaten Sungai Hulu Tengah. Sebanyak 342.219 jiwa terdampak, sejumlah 76,975 mengungsi, dan 15 orang meninggal dunia.

Kontribusi masyarakat untuk membantu masyarat Kalsel sangat dibutuhkan. PMI menampung donasi tersebut melalui sejumlah rekening donasi atas nama Palang Merah Indonesia. PMI juga menyediakan kode QRIS untuk memudahkan donasi digital. Berikut daftar rekening donasi PMI:

Bank Mandiri 070-00-0011601-7
Bank BRI 0390-01-000030-30-3
Bank BCA 206.300668.8

Untuk informasi terkait donasi, bisa menghubungi 021-7992325 dengan ekstensi 2. Masyarakat juga bisa mengakses informasi terkait donasi dan lainnya di akun resmi media sosial Palang Merah Indonesia.

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3