TIGA HARI PASCAGEMPA, PMI KABUPATEN KARANGASEM & KLUNGKUNG DIRIKAN HUNTARA DI DUSUN CEGI

Nurwarta Wiguna

Nurwarta Wiguna

KABUPATEN KARANGASEM, BALI,- Pascagempa bermagnitudo 4,8 SR yang melanda  wilayah Karangasem, Provinsi Bali pada Sabtu (16/10/2021) sekira jam 04.18 WITA, PMI mulai menginisiasi pendirian Hunian Sementara (Huntara) di Dusun Cegi, Desa Ban, Banjar Dinas Cegi ,Kecamatan Kubu dibantu PMI Kecamatan Kabupaten Klungkung.

“Pendirian huntara atau shelter ini sebagai respons PMI untuk membantu penyintas gempa bumi,” ujar Staff Divisi Penanggulangan Bencana PMI Provinsi Bali, I Putu Dedy Rimbawan,  Selasa (19/10/2021).

Dia menjelaskan,  Relawan PMI yang tergabung dalam Tim Shelter terus bergerak membangun huntara, sehingga nantinya bisa segera ditempati oleh warga terdampak bencana. “Sejumlah relawan PMI Kabupaten Karangasem dibantu tim pendampingan dari PMI Provinsi Bali masih bertahan di lokasi, memberikan pelayanan kepada pengungsi, salah satunya gotong royong membangun huntara yang saat ini sangat dibutuhkan oleh para penyintas, terutama yang rumahnya ambruk karena gempa,” tandasnya.

Selain itu, PMI juga melaksanakan beberapa pelayanan diantaranya membuka Posko Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), pergudangan logistik, pelayanan ambulans dan kedaruratan serta pelayanan distribusi air bersih, menyalurkan bantuan hygines kit, selimut, terpal dan PHBS kit. “Tentunya, semua yang dilakukan PMI terus berkoordinasi dengan pemerintah dalam hal ini BPBD,” ungkapnya.***

 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

Dukung Pengurangan Pemanasan Global, PMI Kota Sukabumi Terima Bantuan Bibit Pohon

KOTA SUKABUMI, JAWA BARAT- Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi menyerahkan bantuan bibit tanaman...

Bantu Capai Target Imunisasi MR Fase 2, PMI Kerahkan Ribuan Relawan

JOGJAKARTA—Palang Merah Indonesia (PMI) telah menjangkau 459 ribu keluarga dalam program Kampanye Campak Rubela...

PMR KOLABORASI DENGAN PRAMUKA UNTUK KEBENCANAAN BAGIKAN 150 PAKET SEMBAKO DAN 250 BIBIT TANAMAN UNTUK WARGA LERENG GUNUNG HYANG ARGOPURO

Jember, Untuk membantu pemerintah dalam hal tanggap bencana, Palang Merah Remaja (PMR) dan Pramuka...