PMI BANJARNEGARA SAPA PENDENGAR RADIO AJAK SUKSESKAN BULAN DANA 2021

M. Alwan Rifai

M. Alwan Rifai

BANJARNEGARA, JAWA TENGAH,– Berbagai upaya dilakukan oleh PMI Kabupaten Banjarnegara dalam rangka mengajak masyarakat untuk bersama sama mensukseskan kegiatan Bulan Dana PMI Tahun 2021 yang belum lama ini dicanangkan oleh Plh.Bupati Banjarnegara. Salah satu cara yang ditempuh yakni menyapa pendengar Radio Suara Banjarnegara dalam tajuk Ngobras (Ngobrol Bareng Sahabat) PMI dengan mengambil tema Peran PMI untuk masyarakat bersama sukseskan Bulan Dana.

Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi PMI Kabupaten Banjarnegara Aji Piluroso, S.STP mengatakan peran PMI sesuai dengan mandat yang diberikan oleh pemerintah melalui Undang Undang Nomor 1 Tahun 2018 yakni menyelenggarakan kegiatan Kepalngmerahan. “banyak tugas yang diemban oleh PMI terlebih dimasa saat ini dimana kita masih bergelut dengan pandemic Covid 19, masyarakat mungkin sekilah memahami tugas PMI hanya donor darah saja” paparnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, tugas PMI antara lain Penanggulangan Bencana alam (Mitigasi), Penanganan pengungsian, Pemberian bantuan kemanusiaan, Pencarian dan pertolongan korban, Pelayanan darah / Unit Donor darah, Pembinaan relawan / Generasi Muda, Pendidikan dan pelatihan kepalangmerahan bagi Masyarakat, Pelayanan kesehatan dan sosial, Penyebarluasan informasi kepalangmerahan, Pemulihan hubungan keluarga (Restory Family Link ). Terlebih dimasa pandemic Covid 19 ini dimana pelayanan PMI bertambah dalam bidang pelayanan masyarakat sebagai upaya mencegah penularan virus seperti Penyemprotan dicinvektan, promosi dan sosialisasi kesehatan, distribusi APD, pelayanan Ambulance darurat dan kreta jenazah, pemulasara dan pemakaman jenazah covid 19, fasilitasi pengisian tabung oksigen hingga yang familiar yakni pelayanan plasma konvalesen bagi pasien covid 19.

Sekretaris PMI Kabupaten Banjarnegara Drs. Titho Agus Wigono, M.Si lebih mempertajam tentang tentang sumber pendapatan PMI yang bertumpu pada gotong royong masyarakat melalui Bulan Dana PMI. “Bulan Dana PMI menjadi tumpuan besar pembiayaan kegiatan dan aktifitas kemanusiaan yang dilakukan oleh PMI, karena saat ini sumber sumber lain yang dilakukan belum sepenuhnya optimal” paparnya.

Bulan dana PMI bertujuan untuk Sebagai Upaya untuk peningkatan kesetiakawanan sosial masyarakat, Menggalang Dana dalam rangka meringankan penderitaan sesama manusia, Membantu Korban bencana alam dan non alam (pandemi), Pelayanan kesehatan dan pelayanan sosial kemasyarakatan lainya, Pembinaan Relawan dan Sumber Daya Manusia, Membiayai Program kegiatan PMI Kabupaten Banjarnegara kurun waktu satu tahun berjalan.

“Tahun ini target yang dicanangkan sebesar Rp. 804 Juta Rupiah dengan bersumber dari 8 sektor antara lain sektor Penduduk, Pelajar, Pegawai, Indagkop, Perbankan, Kesehatan, Jasa Konstruksi dan Pelayanan Jasa” imbuhnya. Pihaknya berharap peran serta masyarakat dapat optimal melalui 8 sektor yang dicanangkan tersebut, sehingga hasil yang dicanangkan dapat dicapai dan tentunya memberikan manfaat lebih bagi pelayanan PMI kedepan kepada masyarakat dalam bidang sosial kemanusiaan khususnya di wilayah Kabupaten Banjarnegara.**alw

57

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, PMI KABUPATEN DEMAK BAGI PAKET SEMBAKO

KABUPATEN DEMAK, JATENG,- Sebagai bentuk dukungan dan upaya untuk mencapai Indonesia ending AIDS 2030,...

Memperingati World Aids Day, Korps Sukarela PMI UIN SU Medan Gelar Donor Darah

01 Desember 2021 kemarin adalah hari peringatan AIDS Sedunia, yang dimana banyak LSM, Komunitas...

ADA BINGKISAN KHUSUS UNTUK PENDONOR DARAH

KALIMANTAN SELATAN, TANAH LAUT,- Dalam rangka hari jadi Kabupaten Tanah Laut Dinas Koperasi Perdagangan...