RATUSAN RELAWAN PMI TURUN KE JALAN, KAMPAYEKAN PROTOKOL KESEHATAN

M. Alwan Rifai

M. Alwan Rifai

Banjarnegara (JAWA TENGAH) – Ratusan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) turun ke jalan memberikan edukasi, sosialisasi, dan promosi kesehatan dalam upaya percepatan penanganan pandemi Covid 19. Kegiatan yang dilakukan sebagai rangkaian dalam peringatan HUT PMI Ke 76 yang mengambil tema Bergerak bersama untuk sesama.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara dr. Amalia Desiana mengatakan, kampanye protokol kesehatan dilakukan sebagai bentuk kebersamaan dan ihtiar serta langkah nyata PMI dalam ikut serta membantu pemerintah mempercepat penanganan Covid 19. “semua unsur kita libatkan, mulai dari Pengurus PMI Kabupaten, Relawan KSR, PMI Kecamatan hingga relawan ditingkat Desa atau Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat untuk satu komando dan bergerak bersama mendengungkan langkah percepatan penanganan” paparnya.

Dalam kegiatan tersebut beberapa lokasi disasar seperti Alun alun Kota, jalur utama protokol hingga pasar pasar besar di wilayah Kabupaten Banjarnegara seperti pasar Kota, pasar Mandiraja, pasar Karangkobar dan pasar Batur. Sedikitnya 5000 masker dibagikan dalam kegiatan tersebut. Ajakan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan hingga vaksinasi melalui poster, dan media spanduk juga disuarakan melalui pengeras suara dengan harapan masyarakat dapat antusias untuk mengikuti program vaksinasi yang dilaksanakan oleh Pemerintah.

Sementara itu, optimalisasi peranan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) sebagai garda terdepan diwilayah masing masing juga diharapkan terus berjalan maksimal, jangan kendor dengan bersinergi bersama Pemerintah Desa, Bidan Desa, kelompok pemuda dan forum relawan serta Puskesmas terdekat dalam upaya sinergitas percepatan penanggulangan Covid 19, terlebih Tim Sibat telah dibekali dengan berbagai pengetahuan dan ketrampilan serta skill dalam menghadapai berbagai situasi darurat atau kejadian luar biasa.

Dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja bersama maka optimalisasi peran PMI dalam melayani masyarakat dapat dirasakan tentunya dengan tetap mengedepankan profesionalitas dan menjunjung 7 prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional yakni Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kesukarelaan, kemandirian, Kesatuan dan Kesemestaan. **alw

22

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, PMI KABUPATEN DEMAK BAGI PAKET SEMBAKO

KABUPATEN DEMAK, JATENG,- Sebagai bentuk dukungan dan upaya untuk mencapai Indonesia ending AIDS 2030,...

Memperingati World Aids Day, Korps Sukarela PMI UIN SU Medan Gelar Donor Darah

01 Desember 2021 kemarin adalah hari peringatan AIDS Sedunia, yang dimana banyak LSM, Komunitas...

ADA BINGKISAN KHUSUS UNTUK PENDONOR DARAH

KALIMANTAN SELATAN, TANAH LAUT,- Dalam rangka hari jadi Kabupaten Tanah Laut Dinas Koperasi Perdagangan...