PMI DIY SALURKAN WASTAFEL PORTABEL UNTUK DITEMPATKAN DI PASAR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

YOGYAKARTA – Keberadaan wastafel portabel sangat dibutuhkan, menyusul banyaknya kegiatan masyarakat di pasar dalam memenuhi kebutuhan jelang lebaran 1441 hijriyah. Demikian dikatakan Ketua PMI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), GBPH. H. Prabukusumo, Senin (18/05/2020).

“PMI DIY memberikan bantuan untuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten/Kota di DIY berupa alat spraying berjumlah 20 unit, cairan disinfektan 480 pcs, serta dua unit wastafel portabel untuk Disperindag Kota Yogyakarta. Selain itu, empat unit wastafel portabel pun diserahkan kepada Disperindag Kabupaten melalui PMI Kabupaten,” katanya.

Dijelaskan, potensi penyebaran Covid-19 melalui kerumunan, terutama di pasar menjadi sangat tinggi. “Enam unit wastafel portabel tersebut adalah bantuan dari Rotary Club of Yogyakarta Malioboro. Alat spraying dan wastafel portabel ini kami harapkan bisa membantu masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan membangun budaya hidup bersih dan sehat untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” terangnya.

Selain Disperindag, PMI DIY juga memberikan dukungan peralatan pelayanan penanganan Covid-19 PMI Kabupaten/Kota di DIY. “Hari ini, kami juga bagikan baju hazmat sejumlah 75 pcs, pewangi pakaian dua puluh pcs, cairan disinfektan sejumlah 1.008 pcs, 42 unit face shield. Sementara untuk PMI Kecamatan dan Kecamatan Kota Yogyakarta sejumlah 336 pcs cairan disinfektan dan untuk Kwarda Pramuka sejumlah 144 pcs cairan disinfektan,” ujar Gusti Prabu.

Gusti Prabu menegaskan, jika PMI akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaiknya dalam menangani Covid-19 yang terjadi di Indonesia. “PMI tetap berkomitmen membantu pemerintah, melayani masyarakat terdampak Covid-19 dengan berbagai pelayanan, di antaranya pelayanan ambulans, pelayanan pemakaman, psikososial, promosi perilaku hidup bersih dan sehat, pelayanan kesehatan dan donor darah,” jelas Gusti Prabu.

Dalam kesempatan itu, Ketua PMI DIY mengungkapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua relawan PMI se-DIY yang sampai dengan saat ini masih bertugas di lapangan. “Terima kasih kami sampaikan juga kepada masyarakat, para donatur yang terus mendukung PMI dengan memberikan bantuan dan donasi melalui PMI DIY. Tentu kami akan menyalurkan dan memanfaatkan secara transparan dan bertanggung jawab bantuan tersebut,” tandasnya.

Hingga Minggu (18/5/2020) jam 10.00 WIB donasi yang terkumpul mencapai Rp332.298.001,00. “Kami juga masih membuka donasi, silakan masyarakat yang akan membantu bisa menyalurkan melalui rekening Bank Mandiri No. 137.00074.49594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY,” sambung Gusti Prabu.***