Pemerintah Australia Dukung Layanan Kesehatan PMI

Farhan Irfan

Farhan Irfan

JAKARTA—Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK) menerima kunjungan Wakil Sekretaris Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) Asia Tenggara dan Kelompok Mitra Global Katrina Cooper beserta rombongan di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto Kav. 96, Jakarta, Rabu 13 April 2022.

 

PMI memperkuat komitmen kerja sama dengan Pemerintah Australia melalui DFAT. Sedikitnya 10 juta dolar Australia digelontorkan dalam sejumlah program PMI selama periode 2020 hingga 2026. Kerja sama tersebut berfokus pada peningkatakan kapasitas PMI, bantuan logistik, pengurangan risiko bencana, serta perlindungan gender dan inklusi.

 

Kontribusi Pemerintah Australia terhadap operasi PMI telah berlangsung sejak lama. Program kemitraan tersebut sedikitnya telah dilaksanakan di 24 kota/kabupaten. Ada pun jangakaun program tersebut meliputi bidang pelayanan kesehatan, pengembangan organisasi, air dan sanitasi, serta keamananan dan ketahanan masyarakat.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menerima kunjungan Wakil Sekretaris Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) Asia Tenggara dan Kelompok Mitra Global Katrina Cooper beserta rombongan di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto Kav. 96, Jakarta, Rabu 13 April 2022. PMI memperkuat komitmen kerja sama dengan Pemerintah Australia melalui DFAT. Sedikitnya 9,9 juta dolar Australia digelontorkan dalam sejumlah program PMI selama periode 2020 hingga 2026. (fan)

Selain melalui DFAT, kontribusi Pemerintah Australia juga melibatkan Palang Merah Australia dan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Dalam program kemitraan mendatang, sejumlah pihak tersebut berfokus pada pengembangan fasilitas klinik lapangan dan keliling. Melalui dukungan tersebut, DFAT akan menyediakan logistik dan kendaraan untuk layanan kesehatan.

 

Dalam pengendalian wabah COVID-19, PMI juga mendapat dukungan dari Pemerintah Australia. JK menguraikan, dukungan tersebut di antaranya dalam meningkatkan manajemen risiko bencana, logistik, pengembangan komunikasi risiko dan, pelibatan masyarakat serta pengelolaan rumor.

 

“Terima kasih atas dukungan Pemerintah serta Publik Australia terhadap PMI. Krisis akibat pandemi ini berdampak tidak hanya pada sektor kesehatan, tapi ekonomi dan politik juga terganggu, tetapi kami percaya dengan kolaborasi, persoalan bisa diatasi,” tukasnya.

 

Wakil Sekretaris DFAT Asia Tenggara dan Kelompok Mitra Global Katrina Cooper menambahkan, dukungan terhadap PMI dari pihaknya didasari kepercayaan terhadap kapasitas PMI dalam menanganani krisis.

 

“Proyek peningkatan kapasitas ini berfokus untuk mendukung kontribusi PMI dalam respon nasional terhadap COVID-19 dan memposisikan untuk lebih menjawab tantangan pandemi dan bencana global,” jelas Cooper.

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

TINGKATKAN KAPASITAS KEMARKASAN, WUJUDKAN PMI YANG PROFESIONAL DI BANTEN

SERANG.- PMI Provinsi Banten dan Kabupaten-Kota se-Banten bakal mampu menerapkan manajemen markas maupun Unit...

PONPES AL-QODIRI GANDENG PMI JEMBER CEGAH DBD SEHARI SEBELUM KEDATANGAN SANTRI

Jember, Sebagai antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, ratusan...

HALAL BIHALAL KARYAWAN ALFAMART DIISI DENGAN KEGIATAN DONOR DARAH

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di...