MELIHAT ANTUSIAS WARGA MENGIKUTI GEBYAR DONOR DARAH DI PMI KABUPATEN SUKABUMI

Aril Solehudin

Aril Solehudin

KABUPATEN SUKABUMI, JAWA BARAT- Palang merah indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi jawa barat menggelar gebyar donor darah malam hari yang diadakan di Markas PMI kabupaten Sukabumi di jalan RA Sanusi Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Gebyar donor darah ini pun mendapat respon cukup tinggi meski di bulan puasa ratusan warga secara sukarela mendaftar untuk menyumbangkan 350 cc sampai 450 cc darahnya pihaknya pun berharap stok darah jelang lebaran bisa terpenuhi.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI kabupaten Sukabumi dr. Muhammad Ricky Julian Adhetia mengatakan, Gebyar donor darah ramadhan di UTD PMI Kabupaten Sukabumi ini dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan darah di kabupaten sukabumi terutama di bulan puasa yang mana jumlah pendonor biasanya memang sedikit berkurang.Saat ini kebutuhan stok lebaran saat ini sejumlah stok golongan darah mengalami kekosongan seperti A dan AB sehingga dengan digelarnya gebyar donor darah malam hari diharapkan stok darah bisa terpenuhi yang setiap bulannya dibutuhkan 1500 kantong darah 17/04/2022.

“Untuk mengantisipasi nya kita buat acara gebyar donor ramadhan sekaligus untuk ajang bersilaturahmi dengan pendonor pendonor sukarela yang akan dilaksanakan kegiatannya dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 16-19 April 2022,”ujar dr. Muhammad Ricky Julian Adhetia

Ditambahkannya, untuk gebyar donor ramadhan ini agak berbeda dari bulan-bulan sebelumya . Para pendonor akan dimanjakan dan diberikan paket bingkisan spesial yaitu ada sembako, dan juga ada doorprize seperti barang-barang elektronik. Selain itu pihaknya juga telah menyiapkan paket voucher yang nantinya voucher ini bisa di tukar di tempat makan seperti itu.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Darah PMI Kabupaten Sukabumi dr Gesty Rahmania mengatakan gebyar donor darah ini sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan stok darah di bulan ramadhan dan sebagai bentuk apresiasi kepada warga pihaknya memberikan sembako.

Saat ini stok labu darah di PMI Kabupaten Sukabumi mengalami kekosongan untuk golngan darah jenis A dan AB sedangkan golongan darah O dan B masih mencukupi, pihaknya masih membutuhkan sedikitnya 1300 labu darah guna bisa memenuhi hingga lebaran nanti pasalnya saat ini stok darah yang tersedia berkisar 200 kantong darah pungkasnya.

Salah satu pendonor Syafiq Ikbal Robiansyah mengatakan ia sengaja datang untuk mendonorkan darahnya selain untuk kesehatan ia juga tidak merasa khawatir dengan donor di bulan puasa ini meski ini baru pertama kali

Syafiq mengajak kepada warga masyarakat lainnya untuk bisa mendonorkan darahnya di UTD PMI Kabupaten Sukabumi, dan menjadikan donor darah ini sebagai gaya hidup modern terlebih saat ini di momentum bulan suci Ramdhan, sehingga kita bisa meningkatkan amal ibadah sosial kita melalui aksi kemanusiaan donor darah

         

 

       

 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

TINGKATKAN KAPASITAS KEMARKASAN, WUJUDKAN PMI YANG PROFESIONAL DI BANTEN

SERANG.- PMI Provinsi Banten dan Kabupaten-Kota se-Banten bakal mampu menerapkan manajemen markas maupun Unit...

PONPES AL-QODIRI GANDENG PMI JEMBER CEGAH DBD SEHARI SEBELUM KEDATANGAN SANTRI

Jember, Sebagai antisipasi penyebaran penyakit demam berdarah yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti, ratusan...

HALAL BIHALAL KARYAWAN ALFAMART DIISI DENGAN KEGIATAN DONOR DARAH

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Halal bihalal adalah salah satu tradisi yang berkembang di...