PMI KOTAWARINGIN BARAT IKUT PENCARIAN PENUMPANG KM KIRANA 1 YANG TERJUN KE LAUT PERAIRAN KUMAI

PMI Kotawaringin Barat

PMI Kotawaringin Barat

Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah,- Diduga depresi karena memiliki masalah keluarga, seorang penumpang kapal KM Kirana 1 terjun bebas ke laut di Perairan Teluk Kumai, Rabu, (13/10). Pria berjenis kelamin pria itu merupakan penumpang kapal KM Kirana I yang berangkat dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai menuju Semarang, Jawa Tengah.

Tenaga Sukarela (TSR) PMI Kotawaringin Barat ikut terlibat dalam pencarian tersebut, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Relawan PMI Kotawaringin Barat, Rio Juni, mengatakan bukan kali pertama PMI Kotawaringin Barat terlibat dalam pencarian orang hilang di laut.

“Kita cek kondisi TSR, sehat dan mampu kita ijinkan bergabung bersama tim SAR,” ujar Rio. Rabu (13/10).

Sementara itu Manajer Lapangan PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Kumai, Firman Dandy menjelaskan kronologi tersebut.
“Diperkirakan pria tersebut berusia sekitar 30 tahun. Sedangkan kapal berangkat sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tujuan Semarang. Kemudian pada pukul 08.00 WIB, ia mendapat laporan peristiwa tersebut,” tambah Firman.
Saat terjun ke laut terdapat saksi mata yang melihat. Saat melihat kejadian itu, saksi yang adalah seorang sopir truk Fuso langsung memberitahukan ke awak kapal.
“Informasi dari kapal bahwa ada 1 saksi mata yaitu sopir mobil Fuso melihat laki-laki tersebut melompat. Kemudian,untuk tindakan yang dilakukan, kapal berhenti dan sempat melakuka pencarian menggunakan sekoci kurang lebih 3 jam namun tidak membuahkan hasil, sesuai dengan aturan internasional, kapal kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Semarang,” terangnya.
Pihak PT. Dharma Lautan Kencana juga melakukan penelusuran di atas kapal dan menemukan tas yang tidak bertuan. Isinya ada identitas salah satu warga asal Gajah, Demak atas nama Mukromin.
“Dari keterangan keluarga yang bersangkutan ada depresi,” lanjut tim Basarnas.
Basarnas maupun instansi terkait lainnya kemudian dilakukan pencarian di titik lokasi koordinat, dan sesuai dengan SOP yakni 7 hari pencarian.
84

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, PMI KABUPATEN DEMAK BAGI PAKET SEMBAKO

KABUPATEN DEMAK, JATENG,- Sebagai bentuk dukungan dan upaya untuk mencapai Indonesia ending AIDS 2030,...

Memperingati World Aids Day, Korps Sukarela PMI UIN SU Medan Gelar Donor Darah

01 Desember 2021 kemarin adalah hari peringatan AIDS Sedunia, yang dimana banyak LSM, Komunitas...

ADA BINGKISAN KHUSUS UNTUK PENDONOR DARAH

KALIMANTAN SELATAN, TANAH LAUT,- Dalam rangka hari jadi Kabupaten Tanah Laut Dinas Koperasi Perdagangan...