Peringati HUT PMI Ke-77, PMI Tubaba Launching Tiyuh DDS

Yunas Tanto

Yunas Tanto

Tulang Bawang Barat, Lampung — Dalam rangka memperingati HUT Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-77, PMI Tubaba menggelar upacara dan melaunching tiyuh/desa Donor Darah Sukarela (DDS) di Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Sabtu (17/9).

Upacara peringatan HUT digelar di halaman markas PMI di Tiyuh Pulung Kencana sekira pukul 10.00 WIB. Peserta terdiri dari pengurus dan staf markas, KSR, TSR, serta PMR. Dengan inspektur ketua PMI Tubaba Ponco Nugroho memimpin upacara.

Dalam kesempatan tersebut, PMI Tubaba juga melaunching Tiyuh Tirta Kencana sebagai tiyuh Donor Darah Sukarela (DDS) di wilayah Kecamatan Tulangbawang Tengah. Hal itu ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Kepala Tiyuh Tirta Kencana Amrin Hidayat.

Selain itu, juga dilakukan pemotongan tumpeng oleh ketua PMI Tubaba dan diberikan kepada pengurus dan tamu undangan.

Ponco Nugroho dalam sambutannya membacakan pidato ketua PMI Pusat Muhammad Yusuf Kalla mengatakan memasuki usia ke 77 tahun, PMI dibentuk pemerintah RI sebagai kelengkapan negara di bidang kemanusiaan pada 17 September 1945 atau tepat satu bulan setelah kemerdekaan.

“PMI sesuai dengan amanat Undang-Undang No 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, menjalankan berbagai kegiatan kepelangmerahan antara lain penanganan bencana, penanganan konflik, penyediaan darah yang aman dan sehat, penanganan masalah kesehatan sosial serta pendidikan dan pelatihan dalam rangka pembinaan generasi muda dan tugas-tugas kemanusiaan lainnya,” jelasnya.

Lanjutnya, sejatinya filosofi tugas PMI adalah seperti tangan di bawah dan tangan di atas. Tangan di bawah karena PMI menerima bantuan dari berbagai masyarakat baik perusahaan, lembaga atau instansi maupun perorangan. Sedangkan tangan di atas karena seluruh sumber daya atau bantuan yang diperoleh, disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan, baik di dalam maupun di luar negeri, dengan berpegang pada prinsip-prinsip dasar gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yaitu Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada relawan dan pengurus serta jajaran PMI di semua tingkatan, atas dedikasi dan pengabdiannya selama ini. Terima kasih juga pada segenap donatur, intansi lembaga dan pihak-pihak terkait dan masyarakat yang sudah memberikan dukungan dan mempercayakan bantuannya, baik material maupun non material kepada PMI selama ini,” ucapnya kembali.

Kepada segenap jajaran PMI di seluruh Indonesia Yusuf Kalla juga mengajak melaksanakan amanah dan kegiatan di PMI dengan penuh keikhlasan, profesional, transparan dan akuntabel, sehingga mendapatkan kepercayaan dari masyarakat yang merupakan modal utama bagi PMI agar mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

“Marilah terus bergerak bersama dengan ‘Terus Tebar Kebaikan’, mengedepankan kegiatan yang berfokus kepada layanan yang cepat dan profesional dan memberikan manfaat bagi masyarakat banyak,” pungkasnya.

 

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

SASAR SEKOLAH, PMR SMA NEGERI AMBULU HIMPUN 50 KANTONG DARAH

Jember - Palang Merah Remaja (PMR) SMA Negeri Ambulu aktif gelar donor darah sekaligus...

DONOR DARAH SEKALIGUS HIJAUKAN KEMBALI LAHAN KRITIS

JEMBER – PMI Kabupaten Jember bersama Majelis Daerah KAHMI Jember, Forhati Jember berkolaborasi mengadakan...

PMI DAMPINGI MASYARAKAT WATU LAWANG, BAK PENAMPUNGAN AIR PERTAMA RAMPUNG DIBANGUN

CILEGON,- Dalam menjalankan tugasnya membantu Pemerintah dibidang kemanusiaan, Palang Merah Indonesia (PMI) telah melakukan...