Rangkaian HUT Ke -76, PMI Kota Sukabumi Teken MoU dengan BPBD dan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Dinar Muhammad J

Dinar Muhammad J

KOTA SUKABUMI- Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Palang Merah Indonesia (PMI) Ke-76 tahun 2021. Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Sukabumi terkait Penanggulangan Bencana khususnya di wilayah Kota Sukabumi.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara PMI dengan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) terkait pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (PMBKM) Program Kemanusiaan yang akan segera dilaksanakan tahun ini

“Hari ini PMI Kota Sukabumi ikut menyemarakkan peringatan HUT PMI ke-76 pada 17 September 2021 dengan tema nasional ‘Bergerak Bersama untuk Sesama’ dengan harapan percepatan kebangkitan bangsa Indonesia dari pandemi,”ujar Ketua PMI Kota Sukabumi Suranto Sumowiryo, jumat, (17/9)

Dikatakannya, di momentum tahun ini PMI Kota Sukabumi terus berupaya meningkatkan pelayanannya dibidang sosial kemanusiaan dalam rangka membantu pemerintah, serta berupaya hadir ditengah masyarakat terlebih dalam kondisi pandemi saat ini dengan berbagai pelayanan yang dimandatkan kepada PMI saat ini

Suranto menjelaskan, melalui tema hari jadi PMI kali ini,Bergerak Bersama, untuk Sesama. PMI Kota Sukabumi berusaha meningkatkan kolaborasi kemitraan dengan semua unsur stakeholder seperti yang dilakukan saat ini melakukan kerjasama dengan BPBD Kota Sukabumi dan unsur civitas akademika dengan Universitas Muhammadiyah (UMMI) Sukabumi.

Tahun ini, PMI Kota Sukabumi menyiapkan serangkain berbagai kegiatan dalam rangka HUT Ke-76 mulai dari upacara puncak yang diikuti oleh seluruh komponen PMI di semua jajaran serta peluncuran simbolis Donasi kemanusiaan PMI Kota Sukabumi melalui digital dengan penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) yang bekerjasama dengan Bank Jabar.

Selanjutnya masih dalam rangkaian HUT, telah diadakan pemberian santunan donasi untuk Anak- anak Yatim Piatu untuk berbagi kebahagian bersama di hari ulang tahun PMI tahun ini.

Selanjutnya, kegiatan lainnya yang bersinergi dengan mitra atau stakeholder adalah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi promosi kesehatan (Promkes) dan vaksinasi kepada Kelompok kelompok rentan seperti halnya kepada kelompok ODHA yang bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi.

Tidak hanya sampai disana,  kegiatan lainnya terkait pelayanan di masyarakat adalah dengan memobilisasi Relawan SIBAT PMI di kelurahan untuk melaKukan kegiatan serupa edukasi promkes dan vaksinasi kepada kelompok rentan dan berbagai segmentasi seperti lansia, disabilitas dan ibu hamil di wilayahnya.

Suranto melanjutkan, kegiatan lainnya yang tidak kalah meriahnya yaitu kegiatan perlombaan pertandingan olah raga yang diikuti seluruh jajaran PMI baik pengurus, Staf dan jajaran Relawan baik KSR, TSR,SIBAT dan DSS dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu dalam hal Peningkatan kapasitas Sumber Daya (SDM) dilingkungan internal PMI kota Sukabumi, dilaksanakannya kegiatan pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) anggota Muda Relawan yang tergabung dalam Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Sukabumi

 

                         

                       

81

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...