BEGINI CARA MELINDUNGI DIRI ANDA DAN ORANG SEKITAR DARI COVID-19

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diwajibkan mengenakan masker ketika keluar rumah dan berada di tempat umum. Bahkan beberapa wilayah di Indonesia menerapkan sanksi tegas bagi mereka yang tidak mengenakan masker saat keluar rumah.

Kenapa sih, kita harus mengenakan masker?

Masker melindungi Anda dan orang sekitar dari penularan COVID-19

Percikan liur (droplet) yang keluar saat seseorang bicara, batuk, atau bersin bisa menciprat sejauh 100 sentimeter. Masker yang Anda kenakan bisa mengurangi dan memperpendek jarak droplet yang keluar.

Untuk memahami bagaimana masker bisa mengurangi risiko penularan COVID-19, perlu dipahami dulu jalur penularannya.

COVID-19 menular secara langsung melalui percikan liur orang yang telah terinfeksi saat mereka bicara, batuk, atau bersin. Droplet bisa memuncrat sampai jarak lebih dari 100 sentimeter. Maka menjaga jarak (physical distancing) dan menjauhi keramaian adalah cara pencegahan paling utama yang disarankan para ilmuwan.

Selain mesti tetap menjaga jarak, masker bisa mengurangi jarak percikan droplet yang keluar. Awalnya penggunaan masker hanya diwajibkan bagi orang-orang yang sakit, tapi sekarang masker diwajibkan bagi semua orang. Karena orang yang terinfeksi COVID-19 bisa saja baru mengalami gejala sakit setelah hari ke -14 atau bahkan bisa terinfeksi tanpa gejala sama sekali.

Orang-orang yang terinfeksi tanpa gejala ini tetap bisa menularkan virus corona ke orang lain tanpa mereka sadari. Ini adalah salah satu alasan kenapa semua orang, termasuk yang sehat, juga wajib memakai masker.

Masker juga menjadi salah satu pelindung bagi mereka yang tidak bisa tetap di rumah saja karena tuntutan pekerjaan atau hal lain.

Selain penularan secara langsung, COVID-19 juga bisa menular melalui sentuhan dengan permukaan benda yang terkontaminasi lalu menyentuh wajah. Padahal, menyentuh wajah adalah kebiasaan yang sulit untuk dihentikan.

“Masker sangat membantu mencegah kebiasaan seseorang untuk menyentuh wajah,” kata Profesor dr. Herawati Sudoyo, ilmuwan biologi molekuler Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, kepada Hello Sehat.

Tiga upaya pencegahan penularan COVID-19

Tiga hal yang paling penting dalam pencegahan penularan COVID-19 yang bisa kita lakukan sebagai individu adalah dengan menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan memakai masker.

Menaati ketiga hal tersebut bukan berarti 100 persen melindungi Anda dari penularan COVID-19, tapi demi menurunkan potensi risiko Anda tertular.

“Melakukan ketiga hal tersebut sangat penting. Jika Anda hanya menjaga jarak dan mencuci tangan, tanpa mengenakan masker, berarti Anda tidak melakukan perlindungan seutuhnya,” ucap pakar imunologi dari Universitas Yale, Shan Soe-Lin, seperti dikutip dari Vox News.

Masker menjadi salah satu hal terpenting dalam perang melawan COVID-19. Jika semua orang memakainya, itu artinya kita semua saling melindungi.

Memakai masker di ruang publik secara tidak langsung mengingatkan semua orang bahwa kita tidak berada di masa yang normal dan baik-baik saja. Setiap individu harus bersama-sama melakukan upaya pencegahan untuk melindungi diri mereka dan juga orang sekitarnya.