logo2021

RELAWAN PMI BANTU TEKAN LONJAKAN KASUS DI KUDUS

Farhan Irfan

Farhan Irfan

KUDUS, JAWA TENGAH—Berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi covid-19 dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus menyusul lonjakkan kasus dalam beberapa pekan terakhir. Relawan PMI bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid setempat  melakukan edukasi serta pendampingan warga dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Kepala Markas (Kamarkas) PMI Kudus Dariyanto menerangkan, sejumlah relawan disiagakan secara bergilir di pos-pos PPKM wilayah. Dia mengatakan, relawan PMI membantu Pemerintah dalam pemantauan aktivitas warga di sejumlah tempat publik serta melakukan edukasi dan promosi kesehatan. PMI Kabupaten Kudus juga memberdayakan masyarakat untuk melakukan disinfeksi mandiri di lingkungan tinggal untuk mencegah perluasan wabah covid-19.

“Kami lakukan langkah-langkah kesiapsiagaan pengendalian guna mencegah penyebaran covid-19 di masyarakat melalui promosi kesehatan, disinfeksi, serta memberdayakan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat),” ungkap Dariyanto Selasa (15/6/2021).

Dariyanto melanjutkan, konsentrasi PMI dalam penanggulangan lonjakan kasus itu terbagi di beberapa wilayah. Dua kecamatan yang menjadi fokus di antaranya Kecamatan Jati dan Bae. Di Dua Kecamatan tersebut, lanjut Dariyanto, relawan PMI juga melakukan pendampingan untuk warga yang tengah melakukan isolasi mandiri (isman).

“Kami distribusikan logistik untuk warga yang tengah isolasi. Kami juga melakukan pelayanan dukungan psikososial agar warga yang tengah isman ini lekas pulih,” terangnya.

Berdasarkan data pertanggal 15 Juni, terdapat penambahan 269 warga positif covid-19. Sebanyak 203 warga di antaranya sembuh, sementara 16 lainnya meninggal dunia.

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3
X