logo2021

WORKSHOP EKSPLORASI HPI

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Guna memberikan pemahaman mengenai prinsip – prinsip kemanusiaan dan Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI), Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat bersama dengan International Committee of the Red Cross (ICRC) mengadakan workshop eksplorasi HPI, pada tanggal 10 – 14 Juni 2014 lalu di Hotel Novotel Yogyakarta.

Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI) merupakan salah satu materi yang sangat mendasar dalam dunia kepalangmerahan. Pengetahuan mengenai materi HPI diharapkan mampu menerapkan sikap bijak pada setiap kejadian konflik yang sesuai dengan kaidah-kaidah dasar kemanusian secara internasional. Pengetahuan Kepalangmerahan yang mendasar ini akan sangat baik untuk pengembangan karakter. Oleh karenanya akan baik sekali jika mulai disampaikan pada usia dini, khususnya pada Palang Merah Remaja (PMR) sebagai bagian dari pengembangan karakter remaja.

Selama ini Pedoman yang digunakan untuk menyampaikan materi HPI masih menggunakan cara klasikal yaitu komunikasi satu arah seperti guru mengajar di kelas. Pada workshop kali ini, diperkenalkan metode penyampaian baru yang diharapkan akan lebih menyenangkan dapat mengeksplorasi pengetahuan seluruh peserta. Serta fasilitator akan mendapatkan metode-metode pembelajaran yang lebih menarik untuk disampaikan kepada pembelajar.

Workshop yang telah diadakan kali kedua ini, merupakan tindak lanjut dari workshop dan pelatihan fasilitator HPI pada tanggal 28 Oktober – 1 November 2013 di Bandung, serta implementasi dan ploting hasil pelatihan eksplorasi HPI di sekolah. Acara tersebut dibuka oleh Ketua Bidang Relawan PMI Pusat, Bapak H. Muhammad Muas, SH dan turut hadir Ibu Sri Hadi, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Organisasi dan SDM, serta Sukhdave Singh, ICRC regional Asia. Diikuti oleh 17 orang peserta yang berasal dari PMI Pusat, ICRC, PMI Provinsi Riau, PMI Provinsi Maluku, PMI Provinsi Banten, PMI Provinsi Jawa Barat dan PMI Provinsi DIY.

“Diharapkan insan Palang Merah dapat memahami dan menerapkan prinsip kemanusiaan di dalam kehidupan mereka sehari hari dan membentuk generasi muda yang berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, berbudaya serta berkarakter bangsa, disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan.” Jelas Rahmad Arif Susilo, Kepala Sub Divisi Pembinaan PMI Pusat.

 

Informasi lebih lanjut: Rahmad Arif Susilo, Kepala Sub Divisi Pembinaan PMI Pusat, Hp. 081386297979. email  : rahmad.arif@gmail.com

 

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3